Tips Berkunjung ke Jewellery Store untuk Pertama Kali Agar Tidak Salah Pilih

November 24, 2022


Perhiasan berlian memang sudah lama menjadi incaran para wanita. Namun Anda mungkin baru memiliki kesempatan untuk membelinya saat ini. Karena termasuk barang yang sangat mahal, Anda harus memahami beberapa hal sebelum berkunjung ke jewellery store atau toko berlian. Apalagi untuk first time buyer atau orang yang baru pertama kali membeli. Jangan sampai Anda salah memilih perhiasan yang malah bisa merugikan nantinya. Berikut ini adalah panduan yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu:

Memahami Standar 4C

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika ingin membeli perhiasan berlian adalah memahami standar 4C. Standar ini merupakan parameter untuk mengukur kualitas berlian dari perhiasan yang Anda beli. Berdasarkan GIA (Gemological Institute of America), ada empat parameter yaitu color, carat weight, cut, dan juga clarity.

Aspek Terpenting Adalah Cut

Keindahan pantulan berlian atau diamond merupakan salah satu daya tarik dari perhiasan yang Anda beli. Ternyata tidak semua standar 4C berpengaruh pada keindahannya tersebut. Cut atau potongan berlian merupakan aspek yang paling penting. Jika menginginkan perhiasan yang berkilau, Anda wajib memilih level paling atas. Level cut paling atas sendiri dikenal dengan istilah excellent.


Berhemat dengan Pemilihan Color dan Clarity

Berbeda dengan cut yang menjadi aspek penting, Anda bisa berhemat dengan pemilihan color dan clarity yang tepat. Color merupakan warna berlian yang disimbolkan dengan huruf D sampai dengan Z. Huruf D paling tinggi, sedangkan Z paling rendah. Level ini hanya berlaku pada berlian putih saja, tidak termasuk fancy color diamond.

Sementar clarity atau kejernihan memperlihatkan ada tidaknya tanda cacat dari berlian. Paling tinggi adalah flawless atau FL, sedangkan paling rendah adalah I atau included. Karena berlian dengan level paling tinggi mahal, Anda bisa memilih level di bawah F-VVS untuk menghemat budget. Kilauan tersebut tidak kalah dengan level F-VVS yang berada di atasnya.

Mengetahui Jenis Bentuk Potongan Berlian

Sebelum datang ke jewellery store, Anda juga harus mengetahui bentuk potongan berlian. Perlu Anda pahami bahwa bentuk potongan berlian berbeda dengan cut. Beberapa contohnya yaitu berlian bundar atau round shape, marquise shape, oval shape, princess shape, dan lain-lain.

Memahami Harga Berlian

Harga diamond jewellery atau perhiasan berlian tergantung dari kualitasnya. Namun Anda harus memahami bagaimana cara menentukan harga sebuah perhiasan berlian. Misalnya ada perhiasan berlian kualitas F-VVS berukuran 0,5 carat seharga Rp33 juta. Belum tentu ukuran 1 carat harganya adalah Rp66 juta. Harganya bisa jauh lebih mahal di atas Rp100 juta. Oleh sebab itu, pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya.

Melakukan Riset

Tips terakhir yang paling penting untuk dilakukan yaitu riset. Sebelum datang ke toko berlian, pastikan Anda sudah melakukan riset dengan mencari tahu di internet. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perhiasan berlian. Jika perlu Anda bisa meminta saran pada mereka yang sudah berpengalaman membeli perhiasan berlian.

Itulah tips berkunjung ke jewellery store atau toko berlian yang bisa Anda ikuti. Mudah bukan? Jika Anda sudah memiliki ilmu, maka Anda bisa menemukan perhiasan berlian pertama terbaik. Pasalnya perhiasan pertama pastinya menjadi yang paling dikenang. Jadi pilihlah sebaik mungkin agar merasa puas. 

Rekomendasi toko berlian terbaik yang jelas kredibilitas dan kualitasnya adalah Mondial Jeweler. Brand satu ini menawarkan perhiasan simple dan mewah untuk Anda. Saat ini gerai fisik sudah ada di kota-kota besar, langsung saja kunjungi di akhir pekan. Informasi lain mengenai toko berlian Mondial Jeweler bisa dilihat di website www.mondialjeweler.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan