Resep Nasi Kuning Lengkap yang Mudah Dibuat

November 02, 2022

 

Nasi kuning merupakan sajian istimewa yang biasanya dihidangkan saat perayaan tertentu misalnya ulang tahun, kelahiran anak, 7 bulanan kehamilan, dan lain sebagainya. Selain nasi yang dibuat dengan bentuk piramida, nasi kuning juga dilengkapi dengan lauk pelengkap. Contoh lauknya yaitu pepes tahu, tempe, ayam, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah resep nasi kuning yang lengkap namun mudah dibuat:

Membuat Nasi Kuning

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat nasi kuning terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 1 kg beras, 3 batang serai yang sudah dimemarkan, 2 ruas lengkuas yang dimemarkan, 10 lembar daun salam, 10 bawang merah, 1 sendok makan garam, 1 liter santan, dan air.

Haluskan santan, bawang merah, dan kunyit menggunakan blender. Campurkan dengan daun salam, serai, garam, dan lengkuas. Jika sudah mendidih, masukkan beras. Masak beras sampai setengah matang saja, lalu pindahkan ke panci kukusan. Selesai.

Membuat Ayam Goreng

Anda bisa menggunakan lauk berupa ayam goreng serundeng, ayam pedas, ayam panggang, dan lain sebagainya. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat ayam goreng adalah 500 gram ayam, 6 bawang putih, 3 cm kunyit, dan garam. 

Haluskan bumbu-bumbu tadi kemudian ratakan pada ayam. Ungkep ayam dengan bumbu selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bisa Anda goreng.

Membuat Tempe Gurih

Tempe menjadi salah satu lauk yang pasti ada pada nasi kuning. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gram tempe, 60 gram lengkuas halus, 2 gram daun jeruk, 20 gram bawang merah halus, 20 gram bawang putih halus, 6 gram kencur halus, air, serai, dan penyedap rasa.

Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan air, lalu tempe. Masak sampai tempe matang dan airnya menyusut. Jika sudah matang, tiriskan. Lalu goreng kembali tempe tersebut agar renyah.

Membuat Telur Dadar

Lauk terakhir yang mendampingi nasi kuning adalah telur dadar. Cara membuatnya sama seperti telur dadar biasanya, hanya dengan menambahkan penyedap rasa saja. Gulung telur agar lalu potong-potong seperti sushi saat disajikan.

Itulah resep nasi kuning lengkap yang mudah dibuat sendiri. Ingin mendapatkan resep makanan lezat lainnya? Anda bisa mencarinya di website Unilever Food Solutions atau UFS yaitu www.unileverfoodsolutions.co.id. Selain menemukan resep, Anda juga bisa menemukan banyak bumbu-bumbu yang bisa membuat makanan semakin lezat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan