6 Bentuk Potongan Berlian yang Tepat untuk Cincin Lamaran Solitaire

November 26, 2022


Cincin solitaire merupakan cincin yang menggunakan berlian tunggal sehingga simpel dan elegan. Karena nantinya akan digantikan dengan cincin nikah, biasanya cincin lamaran memilih model solitaire tersebut. Modelnya yang simpel juga membuat cincin mudah dipadukan dengan cincin nikah yang desainnya belum dipikirkan. 

Meskipun hanya menggunakan satu potongan berlian saja, namun cincin solitaire tampak beragam. Hal tersebut lantaran bentuk potongan berlian yang digunakan berbeda-beda. Berikut ini adalah enam bentuk potongan berlian yang paling tepat untuk cincin Anda:

Round Cut 

Round cut diamond adalah bentuk potongan berlian pertama yang bisa dijadikan pilihan. Bagi pencinta perhiasan berlian, bentuk potongan berlian satu ini bukan bentuk yang asing lagi. Pasalnya berlian round cut atau bulat merupakan berlian yang populer dari masa ke masa, bahkan hingga saat ini. 

Round cut diamond cocok dijadikan sebagai pilihan berlian untuk cincin lamaran karena melambangkan bentuk cinta abadi. Selain itu, berlian berbentuk bulat juga mampu menyerap cahaya lebih banyak sehingga kilauannya semakin menyala.

Princess Cut

Meskipun dinamakan princess cut, namun berlian ini memiliki bentuk persegi atau sedikit persegi panjang. Ciri khasnya adalah sudut-sudut runcing yang mampu membuat kilauan berlian lebih indah dan terang. Adanya sudut tersebut juga menambah kesan tegas, modern, dan juga disiplin pada wanita yang memakainya. Princess cut diamond adalah bentuk potongan berlian terpopuler kedua setelah round cut diamond. Namun Anda harus memilih model setting berlian yang tepat agar bagian yang runcing tidak mudah rusak.

Oval Cut

Oval cut pertama kali dibuat sekitar tahun 1950-an. Banyak sekali public figure yang memilih bentuk oval cut sebagai cincin lamaran. Salah satunya yaitu miliki Blake Lively yang diberikan oleh Ryan Reynolds. Cincin solitaire dengan oval cut besar tersebut bahkan menjadi salah satu cincin paling mahal milik selebriti. Ciri khas oval cut diamond adalah sentuhan klasik dan modern. Ada ilusi ukuran lebih besar ketika melihat bentuk potongan berlian ini.

Marquise Cut

Marquise cut diamond memiliki ciri khas bentuknya panjang dengan kedua ujung menyempit. Banyak yang menyebutkan jika bentuk potongan berlian satu ini tampak seperti kapal. Bentuknya yang besar di tengah juga membuat berlian tampak lebih besar dan terang. Cincin satu ini cocok untuk wanita yang energik, supel, dan penuh semangat.

Emerald Cut

Cincin lamaran dengan berlian emerald cut juga menjadi cincin yang disukai banyak orang. Dinamakan emerald cut karena awalnya hanya digunakan untuk batu emerald saja. Ciri khasnya adalah bentuk persegi panjang dengan sentuhan bentuk tumpul pada setiap sudut. Gaya vintage jelas terlihat pada cincin dengan berlian emerald cut.

Cushion Cut

Bentuk potongan berlian terakhir yang bisa dipertimbangkan adalah cushion cut. Selain round cut dan princess cut, cushion cut atau pillow cut ini juga mulai populer dan digemari banyak wanita. Seperti namanya, cincin ini berbentuk seperti bantal dengan bujur sangkar dan sudut membulat. Cushion cut sudah ada lebih dari 200 tahun sehingga terlihat klasik dan menarik.

Itulah 6 bentuk potongan berlian yang tepat untuk cincin lamaran. Ingin memberikan kejutan pada pasangan dengan melamarnya? The Palace menyediakan banyak koleksi cincin yang bisa Anda pilih. Ada cincin solitaire berbentuk round cut sampai dengan cushion cut. Langsung datang ke gerai The Palace untuk melihat modelnya. Sementara pembelian online bisa dilakukan di marketplace kesayangan Anda. Semua informasi seputar brand ini juga bisa dilihat di akun media sosial dan website www.thepalacejeweler.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan