Begini Caranya Merawat Liontin Emas

July 26, 2022


Salah satu aksesoris untuk mempercantik diri seperti perhiasan sudah selayaknya kita rawat dengan baik. Ada berbagai jenis perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan anting. Dari sekian jenis perhiasan, umumnya favorit kaum hawa yaitu liontin emas. Seringkali ditemui wanita memakai perhiasan ini dalam acara-acara penting agar membuat penampilan terlihat menawan. Berikut adalah beberapa tips penting merawat perhiasan liontin agar senantiasa awet, diantaranya:

Tips Membersihkan Perhiasan Yang Benar  

  1. Jangan Asal Pilih Cairan Pembersih

Selain menggunakan air bersih, cara membersihkan perhiasan dengan tepat tentunya menggunakan cairan pembersih khusus. Anda dapat membeli cairan pembersih ini di toko perhiasan online maupun offline.

Namun, hal kecil yang sering diabaikan orang yaitu membeli cairan pembersih yang salah. Anda perlu teliti fungsi pada cairan pembersih yang Anda pilih. Pastikan bahwa cairan tersebut dikhususkan jenis bahan perhiasan tertentu. 

  1. Gunakan Air Hangat 

Disarankan menggunakan air hangat dalam membersihkan perhiasan karena dinilai lebih aman tidak merusak perhiasan. Anda perlu mencampurkan air hangat dengan beberapa tetes cairan pembersih khusus perhiasan liontin emas. 

Tidak disarankan menggunakan air mendidih karena dapat membuat lapisan lem pada perhiasan liontin terkelupas. Hal yang lebih parah dapat terjadi yaitu membuat perhiasan memuai karena terkena rendaman air mendidih. 

  1. Perhatikan Waktu Rendam Perhiasan 

Anda dapat merendam perhiasan selama 20 menit. Waktu ini dinilai pas karena tidak terlalu singkat maupun terlalu lama. Waktu perendaman ini berfungsi untuk cairan pembersih memecah kotoran yang berada pada permukaan perhiasan. 


Apabila waktu perendaman terlalu singkat maka cairan pembersih tidak bekerja maksimal, maupun apabila terlalu lama maka dapat merusak sisi bagian terluar dari perhiasan. 


  1. Gosok Jika Diperlukan 

Selain direndam dengan cairan pembersih, Anda juga dapat menggosok bagian tertentu dari perhiasan liontin emas Anda agar lebih bersih dan mengkilap. Pilihlah sikat gigi berbulu halus untuk membersihkan bagian perhiasan yang terlalu kotor. Anda perlu membersihkan bagian perhiasan secara satu per satu agar tidak terjadi goresan pada perhiasan. 


  1. Bilas Perhiasan Dan Keringkan 

Setelah membersihkan perhiasan dengan bersih, maka Anda perlu membilasnya untuk membersihkan dari sisa-sisa kotoran. Anda dapat menggunakan air biasa untuk membilas dan mengeringkannya menggunakan kain katun lembut dan bersih. 

Tidak disarankan menggunakan kain berserat seperti tisu karena dikhawatirkan dapat menggores permukaan perhiasan Anda. Beberapa jenis perhiasan jenis emas dan berkarat tinggi umumnya rentan akan goresan. 

  1. Jangan Menggunakan Pasta Gigi 

Anda pasti sering melihat life hack yang menyarankan menggunakan pasta gigi untuk membersihkan perhiasan. Padahal hal ini adalah cara yang salah. Anda sebaiknya menghindari pasta gigi karena kandungan kimianya bersifat abrasive sehingga membahayakan perhiasan Anda.

  1. Gunakan Ultrasonic Cleaner Dengan Hati-hati 

Ultrasonic cleaner kerap digunakan untuk menghilangkan kotoran yang ada di sekitar berlian. Ultrasonic ini bekerja dengan mengirimkan getaran dengan frekuensi rendah ke dalam campuran. Inilah kenapa cairan di dalam mesin ini akan bervibrasi dan mampu menghilangkan kotoran yang menempel. 

Meski demikian, penggunaan ultrasonic cleaner ini harus hati-hati karena bisa melonggarkan berlian dari cangkangnya. 

Sedang cari liontin dengan kualitas tinggi? Anda Bisa Ke The Palace Jeweler. Ini adalah salah satu toko perhiasan terbaik bagi Anda yang ingin mencari perhiasan dengan model terlengkap, terjangkau, dan terjamin. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai jenis perhiasan yang bisa disesuaikan dengan selera, budget dan kebutuhan Anda. Kunjungi Kami sekarang!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan