TabunganKu: Tips Hemat Dengan Rekening Tabungan Bebas Biaya

November 17, 2021


Biaya administrasi yang sering dibebankan bank kepada calon nasabah akan menjadi pertimbangan yang serius saat memutuskan membuka rekening tabungan baru. Namun, Bank Sinarmas telah menghadirkan produk simpanan bernama tabunganKu yang akan mengatasi semua permasalahan itu. 

Kini, Bank dengan biaya admin gratis semakin dicari di kalangan masyarakat. Karena, bebas biaya administrasi akan menguntungkan calon nasabah sekaligus memberi nilai plus pada Bank yang bersangkutan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara menabung yang benar agar finansial Anda baik. Nah, berikut tips yang perlu Anda perhatikan.

Cara Menabung yang Benar Menurut Pakar



Mengatur Automatic Debit ke rekening tabungan

Farnoosh Torabi, seorang penulis dan ahli keuangan menunjukkan bahwa menabung dengan transfer otomatis adalah cara yang paling efektif. Ia merekomendasikan sebesar 10% dari gaji Anda untuk ditransfer secara auto debit ke rekening tabungan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi memiliki alasan untuk lupa menabung. Selain itu, Anda juga tidak akan tergoda untuk membelanjakan pendapatan sebelum dimasukkan ke dalam tabungan. 

Selain itu, Anda harus menetapkan nominal yang harus disimpan dengan konsisten. Ini adalah cara untuk menerapkan kedisiplinan dalam diri Anda. 

Membuat rekening pisah

Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan dari Womantalk menegaskan pentingnya memisahkan rekening simpanan dengan rekening harian. Dengan memisahkan hal ini, Anda akan dapat menyelamatkan uang yang akan dipakai dalam keadaan darurat di hari esok. 

Mulai  dari jumlah kecil terlebih dahulu

Menurut Clark Howard, seorang pakar konsumen, menabung sebaiknya dimulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu namun harus rutin dilakukan. Tidak banyak orang yang bisa menabung dalam jumlah besar. Oleh karena itu, Anda harus memulainya dari jumlah kecil. 

Jika Anda belum terbiasa dengan alokasi tabungan 20% dari gaji, Anda bisa memulainya dengan alokasi tabungan sebesar 2% dari gaji. Namun, Anda harus memastikan presentasi tersebut naik setiap bulannya hingga bisa mencapai minimal 20% dari gaji. Hal ini tentu akan lebih mudah jika Anda belum memiliki banyak tanggungan. 

Mengumpulkan dan menyimpan kembalian

Ric Edelman yang merupakan CEO dari Edelman Financial Services memberikan trik khusus untuk bisa menabung dengan benar. Caranya yaitu dengan mengumpulkan uang kembalian. Meskipun hanya terkesan recehan, uang ini akan memiliki nominal yang besar jika kita rajin mengumpulkannya. Uang ini akan membantu Anda agar bisa menghemat pengeluaran untuk lifestyle Anda. Dengan begini, Anda bisa menabung dengan jumlah yang lebih banyak.

Menetapkan tujuan menabung

Bagaimanapun juga, menyisihkan uang dengan tujuan tertentu akan jauh lebih mudah. Maka dari itu, mulailah menabung untuk hal-hal yang Anda sukai dahulu, misalnya membeli baju, tas, sepatu, atau untuk traveling. Saat kebiasaan menabung sudah terbentuk, Anda akan lebih bisa menetapkan niat dan tujuan Anda menabung. 

Tujuan bisa membuat strategi menabung Anda menjadi semakin jelas dan terarah. Anda dapat membuat tujuan menabung jangka pendek dan jangka panjang. Ketika kebiasaan ini sudah terbentuk, Anda akan lebih mudah untuk menabung dengan rajin. 

Pilihlah Rekening Tabungan yang Bebas Biaya Admin

Dari berbagai macam produk simpanan yang ada di Indonesia, tabunganKu merupakan produk tabungan yang paling mudah dan batasan setoran minimal yang paling merakyat. Produk ini merupakan produk pemerintah yang diselenggarakan oleh bank-bank di Indonesia. Anda bisa memilih tabunganKu dari Bank Sinarmas untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

Nah, itulah beberapa tips berhemat dan menabung yang baik. Semoga membantu. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan