7 Jenis Nutrisi Anak Penting Yang Diberikan Dalam Masa Pertumbuhan

October 04, 2021

Selama masa pertumbuhan anak-anak akan lebih aktif bermain dan mengeksplor hal baru di lingkungan mereka. Agar mereka dapat beraktivitas dengan baik maka harus mendapatkan asupan energi yang cukup. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisinya. Nutrisi anak selama pertumbuhan sangat berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak, perkembangan otot, tulang serta menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua juga perlu mengetahui apa saja nutrisi yang diperlukan oleh anak.

Daftar Nutrisi Penting Untuk Anak

Guna membantu tumbuh kembang yang maksimal, Anda bisa bantu memberikan makanan dengan kandungan nutrisi sebagai berikut.

Kalsium

Agar anak-anak lebih aktif bergerak dalam bermain maka harus didukung dengan tulang dan otot yang kuat. Kebutuhan kalsium anak-anak dalam masa pertumbuhan cukup banyak agar mereka dapat tumbuh tinggi secara norma. Selain penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otot, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi. Gigi yang kuat sehat akan memudahkan mereka untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan. Oleh sebab itu, jangan lupa memberikan anak-anak susu pendukung pertumbuhan serta makanan tinggi kalsium lainnya.

Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting yang juga harus didapatkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh terasa lemas sehingga malas untuk beraktifitas. Anak-anak juga rentan terkena anemia karena kekurangan zat besi.

Zat besi juga memiliki peran krusial yaitu membawa suplai oksigen dalam darah. Bahan yang tinggi akan kandungan zat besi yaitu sayur bayam, kuning telur, daging dan juga ikan. Bahan tersebut efektif untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian anak-anak.

Lemak Esensial

Masa tumbuh kembang bukan hanya fokus terhadap perkembangan fisik namun juga kognitif. Agar anak-anak tumbuh cerdas dan pintar maka pastikan Anda memberikan asupanan makanan yang kaya akan kandungan lemak esensial. Tercukupinya lemak esensial dapat membantu melancarkan aliran darah, pembentukan sel, memperkuat sistem imun serat penyerapan nutrisi lebih cepat dan sempurna. Anda bisa mendapatkan kandungan lemak esensial dari kacang-kacangan, ikan dan juga telur.

Kalium

Untuk menjaga kesehatan tulang, anak-anak juga memerlukan asupan kalium. Zat ini juga bertanggung jawab untuk mengatur irama jantung, mengontrol kesimbangan air dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal. Susu, pisang dan tomat merupakan rekomendasi makanan yang bisa Anda berikan karena tinggi kalium.

Protein

Protein merupakan nutrisi yang wajib dipenuhi agar anak-anak tumbuh secara optimal. Hal ini dikarenakan protein memegang peranan penting dalam perkembangan semua organ dan anggota tubuh lainnya. Selain itu, asupan protein yang terpenuhi dengan baik akan memudahkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak dan memelihara jaringan tubuh. Ikan, daging, telur dan kacang-kacang merupakan sumber protein yang bisa Anda berikan untuk anak-anak. 

Vitamin

Untuk menjaga kesehatan mata, mata kulit dan rambut maka anak-anak juga harus mendapatkan asupan vitamin. Beberapa jenis vitamin yang diperlukan diantaranya adalah vitam A, B, C, D, E dan lain-lain.Vitamin sangat banyak ditemukan pada buah dan sayur. Agar anak-anak semakin gemar mengkonsumsi buah dan sayur maka bisa disajikan dengan cara lebih menarik.

Serat

Untuk menjaga kesehatan pencernaan anak-anak pastikan Anda juga memberikan cukup serat. Pencernaan yang sehat akan mendukung kesehatan lainnya karena fungsi pencernaan adalah menyerap sari-sari makanan. Selain baik untuk pencernaan, serat juga dapat berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung serta mengurangi potensi kanker.

Demikian ulasan tentang kebutuhan nutrisi anak yang harus dipenuhi. Semoga Anda sebagai orang tua dapat membantu tumbuh kembang Anda menjadi lebih optimal.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan