6 Mainan Edukatif untuk Balita

August 19, 2021

Bermain masih menjadi salah satu aktivitas utama bagi balita atau anak di bawah 5 tahun. Namun tenang saja, Mam bisa menggunakan waktu bermainnya untuk membantu meningkatkan berbagai kemampuan. Caranya yaitu dengan memilih mainan edukatif atau mainan yang bermanfaat. Sebenarnya ada cukup banyak mainan edukatif yang bisa diberikan kepada balita. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa Mam pilih:

Puzzle

Puzzle menjadi mainan edukatif pertama yang bisa Anda pilih. Kelebihan puzzle sebagai mainan edukatif adalah variasinya yang sangat beragam. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan usia Si Kecil. Manfaat puzzle untuk balita yaitu membantu meningkatkan kemampuan berpikir, mengenal warna, serta menambah kosa kata.

Play Dough

Play dough merupakan mainan edukatif yang mudah didapatkan dan banyak tersedia di pasaran. Mainan ini menjadi salah satu cara membantu merangsang berbagai kemampuan motoris seperti meraba, menekan, dan lain sebagainya. Selain itu, play dough juga membantu melatih indera penglihatan serta koordinasi mata dan tangan.

Buku Cerita Bergambar

Memberikan buku cerita bergambar bisa melatih kecintaan anak pada buku dan literasi. Selain itu, buku dengan banyak gambar-gambar menarik bisa melatih kemampuan visual anak. Mereka bisa belajar membayangkan hal-hal tertentu melalui visualisasi buku bergambar.

Flash Card

Flash card seringkali digunakan sebagai media untuk melatih kemampuan memori atau daya ingat anak. Melalui flash card, Anda bisa melatih Si Kecil mengenal buah, sayur, angka, hewan, maupun alfabet. Jika usia Si Kecil sudah sedikit dewasa, ajak mereka bermain tebak-tebakan.

Peralatan Musik

Peralatan musik mainan bisa menjadi mainan edukatif yang bermanfaat bagi Si Kecil. Saat ini ada banyak peralatan musik mainan seperti gitar, piano, bahkan hingga drum berukuran kecil. Berikan contoh bagaimana cara menggunakan setiap peralatan musik. Seiring waktu, Si Kecil akan mengenal apa itu ritme dan nada.

Lego

Sama seperti puzzle, lego juga menjadi mainan edukatif yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Lego yang juga dikenal sebagai mainan konstruksi ini memiliki banyak sekali manfaat seperti melatih motorik halus, meningkatkan kreativitas, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa mainan edukatif yang bisa diberikan kepada anak balita. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Katalog Wyeth Nutrition hadir dengan produk susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan