4 Teknologi Terbaru 2021

August 06, 2021

 


Teknologi kini terus berkembang seiring zaman, yang berpengaruh pada perubahan dan kemajuan yang lebih cepat.Terlebih di waktu seperti saat ini, di mana pandemi COVID-19 masih menjadi ancaman, sehingga memaksa para ahli untuk menciptakan sesuatu untuk mencegah dan mengatasi wabah tersebut.

Dengan adanya perkembangan teknologi terbaru 2021 bukan berarti kita bisa semakin nyaman dan bersantai.Kini teknologi terbaru menawarkan fitur-fitur yang memudahkan kehidupan manusia. Namun, jika kita tidak mengawasi dan mengikuti perkembangan teknologi dengan mempelajarinya, maka bisa jadi kita yang akan tertinggal.

 

Berikut Teknologi terbaru 2021 :


  • Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

 

Artificial Intelligence atau yang biasa disebut dengan istilah kecerdasan buatan. AI sudah dikenal karena berbagai inovasi kecerdasan buatan yang mumpuni, serta memiliki potensi untuk merevolusi setiap aspek dalam kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan,mobilitas, bidang kedokteran, ekonomi dan komunikasi. Selain itu AI juga berperan penting di segala bidang industri, dan bisa mendeteksi dokumen palsu hingga pengolahan data, sedangkan Machine Learning merupakan cabang pengaplikasian dari AI yang dimana Machine Learning lebih berfokus pada pengembangan sebuah sistem yang cakupannya tidak jauh berbeda dengan AI seperti pengenalan gambar dan mendeteksi terjadinya kecurangan sistem maupun data yang palsu.  


  • Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Sama halnya seperti AI dan machine learning, RPA adalah perangkat lunak yang bisa membantu tugas-tugas dasar manusia agar lebih terstruktur. Contohnya adalah dalam memproses invoice, mengisi pembagian kerja bagi karyawan  dan operator akan memasukan data ke dalam sistem IT sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  



  • Teknologi Jaringan 5G

Yang ketiga ada teknologi jaringan 5G, dimana Saat ini jaringan 5G sangat berperan penting dalam mendorong kemajuan teknologi Artificial Intelligence, selain kecepatan jaringan yang didukung dari teknologi 5G, dapat mendukung perkembangan dunia industri dalam menciptakan sebuah inovasi baru dan implikasi bisnis untuk penggunaan tampilan 3D, Manfaat teknologi 5G lainnya adalah adanya teknologi smarter homes and cities. 5G merupakan  generasi kelima jaringan data nirkabel yang kecepatannya melebihi dari jaringan 4G maupun 3G .


  •  Keamanan siber

Dan yang terakhir ada keamanan siber adalah teknologi terbaru lainnya dalam ilmu komputer. Dengan meningkatnya kejahatan dunia maya, perlunya keamanan siber untuk menjaga  dari tindakan peretasan seperti data maupun dokumen  penting  bisa bocor. Di masa mendatang, ini akan menjadi salah satu teknologi yang paling populer yang kaitannya di bidang Information Technology  dalam meningkatkan sistem keamanan dari data yang dijaga kerahasiaannya.

 


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan