Ketahui 7 Nutrisi Tumbuh Kembang Anak Untuk Usia 1 Sampai 5 Tahun

July 31, 2021

Masa awal untuk perkembangan anak usia satu sampai lima tahun menjadi masa emas untuk orang tua memberikan yang terbaik secara optimal. Mulai dari kasih sayang sampai dengan asupan nutrisi yang diberikan saat usia ini bisa memberikan dampak yang besar saat dewasa nanti. Untuk mengoptimalkannya dari asupan nutrisi yang diberikan harus dipastikan telah memenuhi kebutuhan akan nutrisi tumbuh kembang anak secara harian. 

Dengan pemenuhan nutrisi yang maksimal tentunya bisa memberikan pengaruh untuk perkembangan fisik, otak, dan juga mental anak. Lalu apa saja nutrisi tumbuh kembang anak yang diperlukan dan dari jenis makanan apa saja bisa didapatnya? Berikut ini kami tuliskan untuk anda diantaranya.

Zinc.  Nutrisi ini memberikan fungsi untuk perbaikan sel pada tubuh, selain itu zinc atau seng juga berfungsi dalam membentuk enzim anak. Saat anak mengalami luka maka pada proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan zinc secara maksimal. Kemudian untuk mendapatkan nutrisi dari zinc sendiri bisa didapatkan dari berbagai makanan mulai dari daging, ikan, telur, tahu dan tempe, kacang-kacangan, serta produk susu. Konsumsi yang rutin dari jenis makanan ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk anak.

Zat besi. Selanjutnya untuk pemenuhan nutrisi anak juga bisa diberikan asupan makanan yang kaya akan zat besi. Mereka yang kekurangan zat besi pada tubuhnya cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat akan kognitif dan juga fungsi mentalnya, sehingga dengan asupan yang sesuai bisa mencegah anak dari gangguan pertumbuhan. Zat besi juga bermanfaat untuk perkembangan otak anak sehingga anak bisa tumbuh cerdas dan kreatif. Kebutuhan akan zat besi juga penting untuk pembentukan selaput saraf dalam penerimaan informasi pada otak anak. 

Untuk jenis makanan yang bisa menjadi sumber zat besi yang baik bagi anak bisa didapatkan dari makanan seperti daging merah, seafood, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal, dan juga bayam. 

Vitamin D. Terpenuhinya vitamin D bermanfaat dalam memelihara daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat terutama infeksi. Untuk mendapatkan vitamin D sendiri bisa didapatkan dari sinar matahari dengan berjemur kurang lebih 15 – 20 menit di pagi hari. Selain itu asupan makanan juga bisa menjadi sumber lain untuk vitamin D seperti dari susu, telur, dan juga minyak ikan.

Vitamin C. Vitamin C berfungsi dalam menjaga tubuh anak cepat sembuh ketika sakit dan melawan infeksi. Vitamin C juga berfungsi dalam penyerapan zat besi lebih optimal dalam tubuh. Selanjutnya sebagai makanan yang banyak mengandung vitamin C bagi anak bisa didapatkan dari berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, stroberi, tomat, dan yang lainnya. Dari jenis sayuran, brokoli bisa menjadi sumber vitamin C yang baik.

Lemak. Fungsi lemak dalam tubuh berperan dalam membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, selain itu lemak juga berfungsi dalam meningkatkan jumlah energi. Anak yang mengalami kekurangan lemak bisa mengalami pertumbuhan yang terganggu, begitu juga bagi yang kelebihan lemak bisa mengakibatkan obesitas yang berdampak timbulnya penyakit saat dewasa nanti. Dari itu konsumsi makanan yang mengandung lemak seperti daging atau minyak goreng sebaiknya diimbangi dengan lemak sehat dari jenis ikan, kacang almond, alpukat, dan juga yogurt. 

Vitamin A. Vitamin A diperlukan dalam menjaga kesehatan mata anak, selain itu vitamin A juga berfungsi dalam melindungi permukaan kulit dan jaringan mulut. Untuk sumber makanannya sendiri anda bisa mendapatkan asupan vitamin A dari jenis makanan seperti wortel, telur, yogurt, sayuran hijau, brokoli, bayam, dan juga jeruk.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan