Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak Dengan Tepat

March 25, 2021


Meskipun sakit perut merupakan hal yang biasa dialami anak-anak, namun Anda pasti tetap merasa kebingungan saat si Kecil mengeluhkan bahwa perutnya sakit. Hal tersebut wajar karena sakit perut memberikan beberapa dampak seperti mood menjadi kurang baik, tidak nafsu makan, dan lain sebagainya. Agar si Kecil kembali ceria dan mampu beraktivitas dengan baik lagi, Anda harus segera mengatasinya. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit perut pada anak dengan perawatan di rumah:

  • Pastikan Si Kecil Terhidrasi


Sakit perut biasanya menurunkan nafsu makan maupun minum si Kecil. Namun Anda tidak boleh membiarkan hal tersebut. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Tidak hanya air putih, Anda bisa memberikan air teh tanpa gula untuk menghidrasi si Kecil. Tubuh yang terhidrasi membuat saraf perut lebih tenang sehingga rasa sakit pun menurun.

  • Kompres Perut dengan Air Hangat

Mengompres perut dengan air hangat merupakan cara mengatasi sakit perut pada anak yang paling aman karena tidak memiliki resiko apapun. Jika menggunakan bantal pemanas, ada baiknya untuk mengatur tingkat panas di tingkat terendah. Selain bantal pemanas, Anda juga bisa menggunakan kain untuk mengompres perut si Kecil.

  • Berikan Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang dikenal memiliki manfaat baik untuk sistem pencernaan manusia. Pasalnya makanan olahan susu ini mengandung probiotik yang bisa meredakan sakit perut, mengatasi diare, maupun kram perut. Bakteri baik di dalam usus juga berperan dalam mengkompensasi hilangnya mikroba sehingga pencernaan selalu sehat. Campuran yogurt dan biji fenugreek sangat efektif untuk mengatasi sakit perut pada anak.

  • Berikan Madu

Madu memiliki berbagai macam kandungan penting, salah satunya yaitu antioksidan. Bahan alami ini bisa Anda berikan pada si Kecil dengan mencampurkannya ke dalam air hangat yang akan mereka minum. Hindari pemberian madu yang tidak ditambahkan air hangat ataupun the kepada si Kecil yang masih berusia di bawah 2 tahun.

  • Pijak Perut dengan Lembut

Sakit perut si Kecil bisa diredakan dengan meningkatkan sirkulasi darah. Anda bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara memberikan pijatan lembut pada area perut. Gunakan gerakan melingkar di sekitar pusar agar hasilnya lebih efektif. Anda juga bisa memberikan rasa nyaman dengan pijatan dari dagu kemudian turun hingga area perut.

  • Pijat Area Refleksi Kaki

Selain pada bagian perut, Anda juga bisa melakukan pijatan pada area refleksi kaki. Pijat secara perlahan sama seperti ketika Anda melakukan pijatan di perut. Sebaiknya lakukan pemijatan ini sebelum si Kecil makan.

  • Ajak Si Kecil Bergerak

Kebanyakan anak enggan bergerak dan lebih suka meringkuk ketika merasakan sakit pada perutnya. Sebaliknya, si Kecil malah dianjurkan untuk bergerak jika ingin sakit perut yang dialami reda. Pasalnya gerakan yang mereka lakukan bisa membantu merangsang saluran pencernaan sehingga rasa sakit mereda. 

Itulah beberapa cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan awal. Apabila si Kecil tidak menunjukkan tanda sembuh setelah diberikan perawatan di atas, maka sebaiknya segera bawah si Kecil ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan untuk kesembuhan si Kecil.

Apabila Anda seorang profesional di bidang nutrisi dan pediatri. Anda bisa bergabung dengan program Nutricia Professional. Melalui platform yang disediakan, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi seputar pediatri maupun nutrisi anak. Selengkapnya mengenai Nutricia Professional bisa Anda lihat di website nutriciaprofessional.id.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan