4 Pertimbangan Penting Memilih Jurusan Teknik Informatika

March 22, 2021
jurusan teknik informatika

Kehadiran teknologi sangat memudahkan  kita dalam melakukan banyak hal seperti mulai dari pekerjaan rumah bahkan hingga skala yang lebih besar. Gencarnya perkembangan teknologi juga didukung dengan banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan teknik informatika. Jurusan ini memang jauh lebih menjanjikan karena mempunyai banyak prospek kerja dengan gaji yang menggiurkan. Namun, Anda harus mengetahui beberapa hal penting ketika menjadi mahasiswa informatika karena Anda akan menghadapi banyak tantangan.

4 Pertimbangan Penting Menjadi Mahasiswa IT

Agar Anda dapat menjalani perkuliahan dengan baik serta lulus tepat waktu maka Anda wajib mengetahui hal penting yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Memiliki Tujuan

Ketika Anda memilih jurusan IT maka pastikan Anda mengerti tujuan yang ingin Anda capai. Pastikan Anda mengetahui karir apa yang Anda inginkan setelah lulus dari perkuliahan karena jurusan IT mempunyai banyak pilihan profesi. Dengan menetapkan tujuan diawal, maka Anda akan lebih mudah untuk fokus mendalami ilmu yang berhubungan dengan profesi yang Anda inginkan.

jurusan teknik informatika

Dalam menetapkan tujuan haruslah disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda sendiri. Banyak mahasiswa yang hanya mengikuti tren atau sekedar mengikuti teman-temannya sehingga kesulitan dalam menjalani perkuliahan.

Minat Dalam Bidang IT

Menjadi mahasiswa jurusan IT tidaklah semudah yang dibayangkan karena Anda akan selalu berhadapan dengan perangkat keras maupun perangkat lunak. Selain itu, tugas-tugas perkuliahan juga cukup sulit sehingga akan memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Jika Anda memang memiliki minat yang tinggi dalam dunia IT, Anda akan lebih siap menghadapi segala kesulitan.

Namun sebaliknya, jika Anda memaksakan diri dibidang ini maka Anda pun akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Bahkan, Anda juga bisa merasa stress dengan tugas-tugas yang diberikan karena memerlukan kemampuan logika yang baik baik.

Peka Terhadap Perkembangan Teknologi

Mahasiswa jurusan teknik informatika dituntut untuk lebih peka terhadap perkembangan teknologi terbaru. Hal ini dikarenakan Anda akan berkutat dengan bahasa pemrograman, perangkat lunak maupun perangkat keras. Dengan terus mengikuti perkembangan teknologi maka hal ini juga bermanfaat untuk perkuliahan Anda karena akan lebih mudah memahami materi dan tugas yang diberikan. Bahkan, kepekaan terhadap teknologi pun harus terus dilakukan setelah Anda lulus kuliah. Hal yang demikian disebabkan teknologi sudah menjadi bagian dari hidup dan karir Anda.

Mental Yang Tidak Mudah Menyerah

Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan perkuliahan maka Anda harus mempunyai mental yang tangguh dan tidak menyerah. Selama perkuliahan, Anda harus mengerjakan banyak proyek yang tidak mudah dan menyita banyak waktu Anda. Salah satu projek tersebut yaitu membuat software atau aplikasi yang mana tidak dapat diselesaikan dalam waktu satu atau dua hari. Selain itu, Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman dengan baik untuk dapat membuat aplikasi yang bisa digunakan. Jika Anda memiliki mental yang tangguh maka Anda tidak akan putus asa dan dapat menyelesaikan semua tugas dan tantangan.

IDS College

Sekolah tinggi terbaik yang membuka beberapa jurusan yang dapat Anda pertimbangkan yaitu IDS College. Bagi Anda yang berminat di bidang IT dapat memilih jurusan diantaranya Software Development (SD), Cyber Security (CS) dan Mobile Apps & Games (MAG). Ketiga jurusan tersebut mempunyai pilihan karir yang beragam dengan prospek gaji yang tinggi pula.

Keunggulan IDS College yang tidak dimiliki kampus lain yaitu dengan memberikan pembekalan dan bimbingan kepada para mahasiswanya. Lulusan sekolah tinggi ini akan lebih siap bersaing karena telah mendapatkan bekal pendekatan real world project dan magan di beberapa perusahaan yang telah bekerjasama.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan