8 Hal yang Akan Anda Pelajari Saat Mengambil Kuliah Animasi

February 17, 2021

 

Animasi merupakan salah satu genre film yang sedang naik daun. Hal tersebut tidak lain karena rumah produksi populer seperti Pixar dan Disney mampu menghasilkan film animasi berkualitas. Meskipun masih kalah dari industri animasi luar negeri, industri animasi di Indonesia sudah mulai berkembang. Banyak film animasi sukses hasil karya anak bangsa seperti Adit Sopo Jarwo, Kiko and Friends, Battle of Surabaya, dan lain sebagianya. Apakah Anda juga tertarik dengan dunia animasi?

Anda bisa menjadi seorang animator apabila memiliki skill pembuatan animasi yang baik. Salah satu cara mendapatkannya yaitu dengan kuliah animasi di IDS atau International Design School. Meskipun baru memasuki dunia animasi, para pengajar akan memberikan pengalamannya untuk membantu Anda siap memasuki industri animasi. Banyak pelajaran atau mata kuliah yang akan Anda pelajari di jurusan ini, beberapa di antaranya yaitu:

Design Fundamental

Meskipun berada di jurusan animasi namun Anda nantinya akan mendapatkan mata kuliah dasar mengenai desain. Hal ini penting karena animasi masih berkaitan dengan desain. Beberapa pelajaran dasar yang akan Anda pelajari pada mata kuliah ini adalah metode pemecahan masalah desain, terminologi, dan prinsip dasar desain.

Computer Graphics Fundamental

Pengolahan gambar secara digital juga akan Anda pelajari di jurusan ini. Sebagai contoh yaitu manipulasi ilustrasi, manipulasi foto, membuat ilustrasi dengan software vektor, serta menggunakan software photoshop. 

Photography

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya mengapa kuliah animasi harus mempelajari fotografi. Ilmu fotografi ternyata juga masih berhubungan dengan desain dan animasi. Hal yang akan dipelajari yaitu pemahaman teknis fotografi, eksplorasi fotografi, hingga praktek lapangan.

Classical Animation

Classical animation sudah masuk ke ranah pembelajaran bidang animasi. Pada mata kuliah ini, Anda akan belajar mengenai dasar animasi misalnya seperti anticipation, squash and stretch, serta exagration. Konsep animasi ini akan jauh lebih mudah untuk dimengerti melalui pembuatan animasi 2D.

Animation and Game History

Tidak hanya secara teknis saja, animator yang baik juga harus mengetahui sejarah animasi. Melalui mata kuliah animation and game history, Anda akan belajar mengenai sejarah game maupun animasi sejak awal. Tujuannya agar Anda mengetahui apa saja yang harus dihindari saat pembuatan film animasi. Bukan menghafal, nantinya Anda akan belajar menganalisis pada mata kuliah ini.

Screenwriting

Film animasi saat ini semakin berkembang sehingga skenario yang dibuat juga lebih beragam dan berwarna. Anda nantinya akan mempelajari penulisan skenario melalui mata kuliah screenwriting. Selain itu, Anda juga akan mempelajari teori dasar Hero’s Journey, karakterisasi, develop ide dasar, premis, dan lain sebagainya. 

Modeling Studio

Modeling studio menjadi dasar untuk lebih paham mengenai animasi 3D. Mungkin mata kuliah ini akan sedikit sulit untuk Anda yang baru masuk ke dunia animasi, namun semakin menyenangkan apabila sudah memahaminya. Melalui mata kuliah ini, Anda diharapkan mampu membuat model 3D arah polygon dengan baik dan benar.

3D Modeling

Setelah belajar mengenai modeling studio, selanjutnya Anda akan belajar 3D modeling serta pentingnya edge loop, penampilan model, dan jumlah polygon. Pada mata kuliah 3D modeling Anda juga akan belajar mengenai proses digital sculpting sesuai industri atau pasar saat ini.

Itulah beberapa pelajaran yang akan Anda terima apabila kuliah animasi. Selain mata kuliah di atas, Anda nantinya juga akan mendapatkan mata kuliah lanjutan seperti communication and presentation, video production, sculpting, dan lain sebagainya. Langsung saja daftarkan diri Anda di IDS jika tertarik menjadi seorang animator. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pendaftarannya, Anda bisa mengunjungi website idseducation.com. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan