Tips Menumbuhkan Empati Si Kecil

September 23, 2020

Empati merupakan perasaan memahami pengalaman dan emosi orang lain serta merasa berbagi perasaan yang sama. Karakter yang penuh empati penting bagi si Kecil agar mereka memiliki sifat yang peduli dan perhatian terhadap orang lain. Dengan begitu si Kecil mampu menjaga persahabatan, hubungan, dan lain sebagainya dengan baik. Mam bisa membantu menumbuhkan sifat empati tersebut dengan memberikan didikan yang baik sejak kecil. Berikut ini adalah tips mendidik anak untuk menumbuhkan empatinya:

Jadilah Contoh Secara Langsung

Orang tua merupakan orang yang paling sering ditemui oleh anak. Maka dari itu, Mam dan Pap perlu menjadi contoh yang baik bagi mereka agar jiwa empatinya bisa tumbuh. Hal ini juga terbilang cukup efektif karena pada umumnya anak merupakan peniru yang handal.

Bahas Perasaan Orang Lain

Tips mendidik anak untuk menumbuhkan jiwa empati selanjutnya adalah membahas perasaan orang lain. Coba jelaskan perasaan orang lain agar si Kecil juga bisa merasakan perasaan mereka. Sebagai contoh jika ada tetangga yang sakit maka ajak si Kecil mengunjunginya dengan membawakan kue.

Biarkan Si Kecil Mengekspresikan Emosi

Biarkan si Kecil untuk mengekspresikan emosi yang dimiliki. Jadi misalnya mereka ingin menangis karena jatuh maka biarkanlah mereka menangis. Tenang saja Mam, mengakui bahwa si Kecil sedih atau kesakitan baik untuk dilakukan. Pasalnya dengan begitu mereka merasakan empati dan merasa dipahami oleh orang lain yaitu Mam.

Beri Kesempatan untuk Menunjukkan Empati

Tips terakhir yang bisa Mam lakukan yaitu memberikan kesempatan pada si Kecil untuk menunjukkan empatinya. Sebagai contoh yaitu mengajari anak membantu orang lain, memberi makanan kepada teman, atau memberikan mainan yang tidak terpakai kepada teman.

Itulah berbagai tips mendidik anak agar mereka bisa tumbuh dengan karakter empati dan paham akan perasaan orang lain. Pastikan juga kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi agar mampu mengeksplorasi diri dengan baik. Kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan makanan dan juga susu pertumbuhan. Salah satu rekomendasi susu yang bisa Mam pilih yaitu Wyeth Nutrition yang tersedia untuk anak 1 tahun ke atas. Lihat langsung website Wyeth Nutrition di wyethnutrition.co.id untuk informasi berbagai produk susu pertumbuhan yang dihadirkan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan