Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget

September 24, 2020


Gadget terutama smartphone sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Bahkan tidak sedikit orang tua yang memberikan gadget pada si Kecil agar mereka lebih tenang. Padahal hal tersebut sebenarnya tidak disarankan karena bisa menyebabkan si Kecil kecanduan gadget. Apalagi jika Bunda tidak melakukan pengawasan ketika mereka sedang memainkan gadget. Namun kecanduan pada gadget dapat Bunda cegah dengan beberapa cara yaitu:




  • Batasi Waktu Penggunaan Gadget


Cara pertama yang bisa Bunda lakukan yaitu dengan membatasi penggunaan gadget. Ketika melakukannya Bunda harus bersikap tegas agar si kecil mematuhinya. Beri batasan waktu maksimal bermain gadget yaitu selama 2 jam setiap hari.


  • Jadilah Role Model Bagi si Kecil


Semua hal yang dilakukan oleh si Kecil biasanya mencontoh orang tuanya. Jadi jika tidak ingin anak kecanduan gadget maka Bunda juga harus menunjukkan hal yang sama. Usahakan untuk tidak bermain gadget jika sedang bersama dengan si Kecil. 


  • Jangan Biarkan Si Kecil Memainkan Gadget Tanpa Pengawasan 


Saat si Kecil sedang menggunakan gadget, sebaiknya Bunda melakukan pengawasan. Melakukan pengawasan ini bukan berarti Bunda harus ada di dekat si Kecil selama bermain gadget. Batasi akses si Kecil pada konten-konten yang mungkin belum waktunya untuk mereka saat ini. Gunakan aplikasi yang bisa memblokir situs-situs tertentu untuk membatasinya.


  • Beri Aktivitas Lain yang Lebih Menarik 


Agar si Kecil tidak terlalu menyukai gadget, Bunda bisa mengajaknya melakukan kegiatan menarik sehingga mereka teralihkan dari gadget. Beberapa contoh aktivitas menarik dan berguna yaitu kelas musik, renang, kelas menari, dan lain sebagainya.


  • Ajari Si Kecil Bersosialisasi dengan Lingkungan


Gadget memberikan dampak pada sosialisasi si Kecil sehingga mereka kurang berinteraksi dengan anak lainnya. Agar hal tersebut tidak terjadi maka Bunda perlu mengajarkan si Kecil untuk bersosialisasi. Sesekali ajak mereka bermain ke rumah tetangga agar bisa belajar bersosialisasi dengan teman sebaya.


Itulah cara mencegah anak kecanduan gadget yang bisa bunda coba terapkan. Jika anak berhasil menghindari gadget maka mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Selain mengurangi gadget, Bunda juga bisa mendukung tumbuh kembang si kecil dengan pemberian susu.


Susu Dancow FortiGro bisa menjadi pilihan untuk Bunda berikan pada si Kecil. Banyak varian produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk informasi yang lebih lengkap Bunda bisa melihat websitenya yaitu fortigro.dancow.co.id. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan