5 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Yang Mudah

September 23, 2020

Emas merupakan perhiasan yang paling sering dipakai oleh wanita, baik untuk acara keluarga, pernikahan teman, atau untuk sekedar berjalan-jalan. Wajar rasanya jika emas yang dikenakan lama-lama akan kotor sehingga terkesan kusam dan kilaunya berkurang. Tapi, Anda tidak perlu khawatir sebab ada cara membersihkan perhiasan emas yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kilau emas yang memudar.

Tips Mudah Membersihkan Emas

Jika Anda sangat menyanyangi perhiasan emas yang sedang dikenakan, rasanya pasti akan sedih bercampur galau jika melihat penampilannya yang tak lagi berkilau. Sebenarnya itu merupakan hal yang wajar, tetapi bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Jika Anda memang mencintai emas, rawat perhiasan itu baik-baik dan bersihkan saat perhiasan Anda mulai memudar. Berikut adalah 5 cara mudah untuk membersihkan perhiasan emas.


Membersihkan Emas Dengan Cairan Amonia

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan emas dengan cairan amonia. Cairan yang juga dikenal sebagai NH2 ini dikatakan sangat ampuh untuk mengembalikan kilau emas yang memudar. Caranya mudah, Anda bisa mencampurkan cairan ini dengan segelas air yang suhunya normal. Lalu, masukkan emas yang ingin dibersihkan ke dalam cairan tersebut.

Tunggu selama beberapa menit, kemudian angkat emas menggunakan sendok atau pinset. Perlu diingat, bahwa Anda harus meghindarkan amonia dari jangkauan anak-anak, serta jangan merendam emas terlalu lama dalam cairan ini. Pasalnya amonia merupakan senyawa yang berbahaya, sehingga harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Membersihkan Emas Dengan Cairan Alkohol

Cara berikutnya yang dapat Anda coba adalah membersihkan emas menggunakan alkohol. Cairan alkohol diklaim bisa menghilangkan noda yang menempel pada perhiasan emas. Anda juga harus berhati-hati ketika membersihkan emas dengan cairan ini. Apabila perhiasan yang hendak dibersihkan murni seluruhnya dari emas, Anda bisa langsung merendamnya ke dalam cairan alkohol sampai beberapa menit, kemudian angkat menggunakan pinset.

Namun, apabila perhiasan yang ingin dibersihkan mengandung bahan selain emas, Anda dianjurkan untuk hanya membersihkannya dengan cutton bud saja.

Membersihkan Emas Dengan Cuka Dan Baking Soda

Baking soda dan cuka adalah bahan yang sangat mudah diperoleh. Cara membersihkan emas dengan dua bahan ini cukup mudah, yaitu siapkan keduanya bersama dengan segelas air hangat. Kemudian larutkan baking soda ke dalam air hangat yang kemudian diikuti oleh emas yang ingin dibersihkan.

Setelah beberapa menit, angkat emas dengan pinset dan bersihkan dengan lap lembut. Apabila sudah mengering, teteskan cuka pada emas sedikit saja. Lalu bilas dengan air bersih, setelah itu jangan lupa dikeringkan.

Membersihkan Emas Dengan Sabun Cuci Piring

Nah, ini merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan noda pada emas. Cukup siapkan sabun cuci piring yang dilarutkan pada air hangat sampai berbusa. Kemudian masukkan perhiasan emas yang akan dibersihkan ke dalamnya. Biarkan selama beberapa menit, lalu angkat perhiasan emas dan keringkan menggunakan kain lembut.

Mencuci Langsung Di Toko Emas

Cara yang paling praktis untuk membersihkan emas adalah dengan membawanya ke toko emas langsung. Apabila Anda merasa takut serta ragu untuk menggunakan beberapa rekomendasi cara di atas, maka cara ini bisa menjadi alternatif yang paling tepat. Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkannya sendiri, perhiasan Anda pasti akan dibersihkan dengan cara yang aman serta terpercaya.

Toko Emas Terlengkap Dan Berkualitas

Membersihkan emas di toko emas merupakan cara terbaik untuk mencintai perhiasan kesayangan Anda. Selain bisa membersihkan emas di gerai Mondial dan Miss Mondial, Anda juga akan dimanjakan oleh berbagai pilihan emas bertabur berlian dengan kualitas yang menakjubkan. 

Sebagai brand terbaik yang berada di bawah naungan PT Central Mega Kencana, Mondial dan Miss Mondial memiliki kualitas berlian yang berdesain modern, elegant, dan modis, sehingga membuat wanita akan terlihat semakin memancarkan aura.  Anda bisa memilih sendiri desain yang diinginkan, pun jika Anda sedang mencari wedding ring atau engagement ring. Mondial dan Miss Mondial bisa menjadi pilihan terbaik karena kualitas emas dan berliannya yang terbukti berkualitas.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan