Perbedaan Menggunakan Hand Sanitizer atau Sabun Cuci Tangan

August 21, 2020


Udah masuk era new normal, kamu harus lebih aware buat jaga kebersihan ya, Friends!

Terutama soal kebersihan tangan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mensterilkan tangan, pakai hand sanitizer atau sabun cuci tangan anti bakteri. Tetapi, diantara dua cara tersebut, mana yang sih yang lebih efektif?

Pro dan kontra cuci tangan pakai sabun cuci tangan antibakteri


Mencuci tangan pakai sabun cuci tangan antibakteri dan air dianggap cara paling efektif. Tapi tetap aja ada pro dan kontranya. 

Dr. David Hooper, kepala Infection Control Unit di Massachusetts General Hospital menyebutkan kalau sanitizer jauh lebih mudah dan cepat digunakan. Dikutip dari hallosehat.com, sanitizer punya aktivitas antibakteri yang lebih cepat dari pada sabun dan air. Di rumah sakit pilih pakai sanitizer karena cuci tangan pakai sabun antiseptik beberapa kali dalam sehari bisa bikin kulit kering apalagi kalau musim dingin tiba. 

Carol McLay, RN, Konsultan Pencegahan Infeksi di Lexington, Ky, mengatakan kalau cuci tangan pakai sabun antiseptik adalah cara yang paling efektif dalam mencegah penyebaran penyakit. Sanitizer emang bisa mengurangi jumlah bakteri dengan cepat di tangan tapi gak bisa menghilangkan semua kuman. 

Pro dan kontra cuci tangan pakai hand sanitizer

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sanitizer bisa menonaktifkan banyak mikroba dengan sangat efektif kalau dipakai dengan benar. Tapi banyak orang pakai sanitizer dengan dengan volume yang kurang dan gak menggosok tangannya selama waktu yang direkomendasikan (40-60 detik).

Dr. Richard T. Ellison III dari University of Massachusetts Medical School, mengungkapkan kalau sanitizer bisa ganti fungsi sabun dan air kalau di tangan kamu gak ada kotoran. Antibakteri dalam alkohol sangat efektif dalam membunuh mikroorganisme, tapi syaratnya alkohol harus langsung berhadapan dengan mikroorganisme tersebut. Kalau di tangan banyak kotoran, sanitizer mungkin gak bakal bisa mencapai mikroorganisme yang ada di bawah kotoran. 

Bagi para perawat di rumah sakit, sanitizer adalah pembersih yang efektif. Mereka butuh membersihkan tangan dalam waktu yang tepat. Bersihkan tangan pakai sanitizer, para perawat gak perlu wastafel dan pipa. Maka pembersih berbasis alkohol tersebut lebih praktis karena bisa dibawa ke mana saja. 

Kesimpulan, mana yang lebih efektif?

Kalau kamu diantara dua pilihan, pilihan utama yang harus kamu lakukan adalah cuci tangan pakai sabun cuci tangan antibakteri dan air. Dua-duanya sih baik untuk membersihkan tangan, tapi tahukah kamu kalau sanitizer gak bisa digunakan sebagai ganti sabun dan air. Melainkan, ia cuma alternatif kalau kamu gak memiliki peralatan untuk cuci tangan pakai sabun. Bingung pilih sabun cuci tangan antibakteri? Pilih sabun medicare aja!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan