Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Gadai BPKB Mobil

July 07, 2020
pinjaman uang jaminan bpkb mobil
Kadang Anda menghadapi masa- masa sulit yang mengharuskan Anda mencari pinjaman secara cepat dan dalam jumlah banyak. Anda dapat melakukan salah satu solusi yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang yakni dengan mengajukan pinjaman kredit multiguna. Apa itu kredit multiguna? Kredit multiguna adalah pinjaman yang diajukan dengan cara menggadaikan surat berharga seperti BPKB mobil. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyerahkan BPKB mobil Anda kepada perusahaan kreditur.

Siapkan dokumen lengkap


Sebelum Anda mengajukan pinjaman uang jaminan BPKB mobil kepada kreditur , Anda harus mempersiapkan dokumen penting. Anda juga harus mengisi formulir pinjaman. Dan bagi Anda yang melakukan pinjaman secara perorangan atau individu, pastikan Anda membawa surat- surat penting seperti fotokopi KTP diri dan pasangan, Kartu Keluarga, Akta Nikah (bila telah berkeluarga), NPWP, PBB 2 tahun terakhir, buku tabungan, serta slip gaji. Lalu untuk Anda yang mengajukan pinjaman untuk keperluan usaha, Anda perlu menyiapkan fotokopi NPWP, PBB, rekening tabungan, SPPT, akta pendirian perusahaan, akta pengesahan, hingga identitas komisaris serta direksi.

Pilih lembaga yang legal


Terdesak oleh keadaan darurat, bukan alasan untuk Anda secara sembarangan memilih lembaga gadai. Anda harus memastikan lembaga tersebut memiliki legalitas yang terjamin yaitu dengan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Nasional). Sebagai opsi terbaik, Anda dapat mempercayai BFI Finance untuk menggadaikan BPKB mobil Anda. Sebab, lembaga ini telah mengantongi izin dari OJK dan APPI. Pastikan pula mobil Anda dalam keadaan yang bagus sehingga Anda bisa mendapat nilai pinjam yang tinggi.

Lihat jumlah bunga


Salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman uang jaminan BPKB mobil di suatu perusahaan kreditur adalah melihat jumlah bunga yang dikenakan. Sebab nilai bunga ini yang berpengaruh dalam seberapa besar angsuran yang wajib dibayar setiap bulannya. Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan besaran bunga, sehingga tak sedikit juga yang kesulitan dalam membayarnya. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan jumlah angsuran beserta bunganya sesuai dengan kemampuan membayar Anda supaya tidak terjerat dalam hutang-piutang dalam nominal yang besar.

Fleksibilitas pembayaran


Hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan kredit dengan jaminan BPKB mobil yaitu lihatlah fleksibilitas pembayarannya. Bila Anda mengajukan pinjaman yang mengharuskanmembayar secara offline, Anda mungkin akan kesulitan di kemudian hari bila Anda sedang berada di luar kota. Di lain sisi bila Anda terlambat membayar, Anda akan dikenai denda. Untuk itu, ada baiknya memilih perusahaan kreditur yang menyediakan pembayaran secara online dan juga bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa keuangan sehingga pembayaran angsuran akan mudah dilakukan dimana saja. 

Hal terakhir yang harus diperhatikan oleh debitur yakni memahami ketentuan pinjaman. Ketika Anda melakukan kredit, Anda akan diminta melengkapi formulir pengajuan. Di dalam formulir tersebut terdapat beragam syarat serta ketentuan mengenai pinjaman. Anda wajib membaca syarat serta ketentuan pinjaman tersebut dengan sungguh- sungguh dan teliti. Bila ada poin yang kurang atau tidak dimengerti, Anda harus bertanya kepada penyedia kredit mengenai poin tersebut. Anda berhak dan wajib mendapatkan penjelasan mengenai aturan kredit sebelum menyetor BPKB mobil kepada perusahaan pembiayaan.

Sebagai solusi, BFI Finance hadir untuk melayani masyarakat Indonesia agar memperoleh pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, kredibel, dan cepat. Anda tidak perlu ragu untuk memakai jasa BFI Finance sebagai penyedia dana Anda.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempatpinjaman uang jaminan BPKB mobilsupaya aman dan mendapatkan nilai yang tinggi. Semoga artikel ini dapat membantu.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan