5 Manfaat yang Didapatkan Ketika Masuk Sekolah Film

April 18, 2020
sekolah film terbaik

Industri perfilman Indonesia yang terus berkembang membuat jurusan perfilman saat ini semakin banyak diminati. Ada banyak sekolah film terbaik yang bisa membuat kamu mengerti seluk beluk dunia perfilman. Meskipun banyak yang menganggap bahwa mempelajari ilmu perfilman bisa dilakukan secara otodidak, namun kamu yang menempuh ilmu film secara akademik akan mendapat lebih banyak manfaat. 

Selain lebih paham seluk beluk industri perfilman, kamu juga akan mendapat berbagai manfaat berikut dengan mempelajari film di sekolah atau perguruan tinggi. 

Belajar dari guru atau dosen profesional


Ketika menjalani pendidikan di sekolah atau jurusan film, kamu akan mendapat materi mengenai ilmu perfilman dari para tenaga pengajar profesional dan kompeten di bidangnya. Bahkan banyak para tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi yang juga merupakan para praktisi senior di industri perfilman, seperti para sutradara atau DOP ternama. Ini merupakan kesempatan yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang. 

Selain bisa mendapatkan ilmu teori yang sesuai dengan kompetensi, kamu juga bisa belajar dari pengalaman para guru atau dosen tersebut. Kamu bisa berdiskusi mengenai bagaimana realita industri perfilman sebenarnya di lapangan. 

Belajar dari para tenaga pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya juga membuat kamu mendapat materi perfilman yang sesuai  dengan yang dibutuhkan di lapangan. Kamu juga akan mempelajari ilmu teori serta ilmu praktek secara seimbang karena setiap sekolah film pasti memiliki kurikulum yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan para mahasiswanya. 

Mendapat akses belajar dan fasilitas yang memadai


Jika kamu hanya mempelajari ilmu perfilman secara otodidak, akses dan fasilitas yang kamu miliki tentu terbatas dan tidak selengkap jika kamu mempelajarinya di sekolah film. 

Berbagai sekolah film terbaik tentu menyediakan fasilitas-fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para mahasiswanya. Ini membuat kamu lebih mudah melakukan praktek langsung. Selain itu kamu juga lebih mudah mendapatkan akses berbagai materi yang dibutuhkan, misalnya akses untuk buku-buku perfilman yang tersedia disana. 

Memiliki portofolio


Ketika belajar di sekolah film, kamu akan banyak mendapat tugas untuk membuat dan memproduksi film. Ini akan membuat keahlian kamu semakin hari semakin terasah. Selain itu, tugas-tugas film yang kamu produksi juga bisa menjadi portofolio yang akan kamu butuhkan nantinya. Semakin banyak portofolio film yang kamu miliki maka membuktikan bahwa pengalaman kamu dalam dunia film sudah cukup banyak. 

Memiliki sertifikat akademik


Dengan mempelajari ilmu film di lembaga pendidikan, maka ketika lulus nantinya kamu juga akan memiliki sertifikat akademik yang relevan dengan jurusan yang kamu ambil tersebut. Ini tentu akan menjadi nilai lebih bagi kamu untuk memasuki industri perfilman karena kamu memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai untuk bekerja di industri tersebut. 

Menambah relasi


Dalam dunia industri, merupakan hal yang cukup penting, tidak terkecuali dalam industri film. Maka, ketika kamu bersekolah di sekolah film, otomatis kamu akan memiliki banyak relasi dengan orang-orang yang bekerja atau berkaitan dengan dunia film. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki minat dan passion yang sama. Hal ini tentu akan menambah relasi kamu di dunia perfilman dan sangat berguna ketika kamu benar-benar terjun di dunia film nantinya.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mempelajari ilmu perfilman di sekolah film terbaik seperti IDS atau International Design School. IDS merupakan lembaga pendidikan dalam bidang communication yang bisa menjadi wadah kamu untuk mempelajari segala hal tentang desain grafis, animasi maupun film. 


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan