Tips Ketika Menentukan Ukuran Poster

April 17, 2020
Ukuran Poster

Dari sekian banyak jenis media marketing, poster adalah salah satu media marketing yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Poster ini biasa digunakan untuk berbagai kegiatan marketing atau promosi. Media promosi poster ini biasanya berisikan tulisan dan gambar yang berfungsi untuk memberikan informasi pada publik. Poster ini biasanya dipasang di tempat-tempat yang ramai seperti pinggir jalan, koridor, ataupun papan pengumuman. Ada banyak jenis poster yang dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda. Salah satu tantangan ketika memilih poster adalah menentukan ukuran yang pas. Hal ini karena ukuran poster sangat berpengaruh pada kesuksesan hasil promosinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih ukuran untuk poster. 


Pahami variasi ukuran poster


Sama halnya dengan jenis media promosi yang lain, poster juga tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil hingga besar. Pemilihan ukuran untuk poster ini biasa ditentukan oleh tujuan pemasangan poster itu sendiri. Ukuran yang biasanya digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Ukuran A2 – ukuran A2 adalah 42cm x 59,4 cm. Ukuran yang satu ini termasuk dalam kategori ukuran besar. Biasanya poster ukuran besar dipasang di jalan besar atau pusat kota sehingga mudah menarik perhatian orang. 
  • Ukuran A3+ – Ukuran ini termasuk dalam kategori sedang dengan panjang 32 cm x 48 cm. 
  • Ukuran A3 – Sama dengan ukuran A3+, poster ukuran A3 ini masih termasuk dalam kategori poster ukuran sedang dengan panjang 29,7 cm dan lebar 42 cm. 
  • Ukuran A4 – Poster dengan ukuran A4 termasuk dalam ketegori poster kecil dengan ukuran 21 cm x 29,7 cm. Poster dengan ukuran ini harus dipasang di tempat yang strategis dan mudah dijangkau dengan jarak pandang pembaca. 


Perhatikan desain poster


Setelah mengetahui tentang ukuran poster, hal lain yang perlu diperhatikan adalah desain poster. Dengan desain dan ukuran poster yang tepat, poster bisa lebih mudah menjangkau pembaca. Desain untuk poster haruslah informatif dan menarik sehingga membuat orang tertarik untuk membacanya. Sehingga apa yang akan anda sampaikan akan tersampaikan pada pembaca dengan mudah. Perhatikan background poster dengan desain agar bisa terlihat serasi. Dengan begitu, orang mudah membaca tulisan dan gambar yang ada pada desain. 

Sasaran poster


Desain pada poster tentu saja berhubungan erat dengan sasaran pembaca poster. Untuk poster yang ditujukan pembaca anak-anak, anda bisa membuat poster dengan desain yang ceria dengan banyak gambar yang disukai anak kecil. Untuk pembaca remaja, desain poster bisa dipadukan dengan tulisan yang lebih informatif. Lain lagi poster yang ditujukan untuk orang dewasa, anda bisa menggunakan tulisan dengan ukuran yang lebih besar agar lebih mudah dibaca. 

Lokasi poster akan dipasang


Lokasi dimana poster akan dipasang juga mempunyai peran penting dalam pemilihan ukuran poster. Poster yang dipasang di tempat terbuka biasanya menggunakan poster dengan ukuran yang lebih besar karena tujuannya agar lebih mudah mendapat perhatian orang yang lewat. Namun untuk poster yang dipasang di dalam ruangan, anda bisa memilih poster dengan ukuran sedang. 

Poster adalah salah satu media promosi yang harganya cukup murah dibanding dengan media promosi yang lain. Dengan desain yang menarik, ukuran yang tepat, dan lokasi pemasangan yang strategis, poster bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan