4 Persiapan Dalam Perencanaan Kehamilan

March 11, 2020

Merencanakan kehamilan, tidak cukup dengan hanya mengetahui masa subur wanita yang dihitung berdasarkan kalender ataupun dengan cara menggunakan ovutest. Karena selain fisik, mental juga sangat diperlukan dalam hal menunggu kehadiran si buah hati.

Ada beberapa hal yang sangat menunjang sebuah program kehamilan akan berhasil. Berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan mental dan finansial


Keinginan memiliki anak bukanlah keinginan sesaat yang tanpa tanggung jawab. Namun ini berlaku sepanjang masa. Mempersiapkan diri akan segala kemungkinan yang terjadi, termasuk berkurangnya waktu untuk diri sendiri dan juga biaya yang akan dikeluarkan baik sebelum, saat dan setelah si buah hati hadir, patut dipertimbangkan dengan sangat matang. 
Berikanlah pertanyaan pada diri sebanyak mungkin bahwa kehadiran seorang anak akan memberikan dampak kebahagiaan. Bukan rasa stres berkepanjangan. Baik untuk orang tua, apalagi anak yang akan dihadirkan.

2. Melakukan konsultasi obgyn


Tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke ahli obgyn jika Anda melakukan perencanaan kehamilan. Dari konsultasi tersebut, segala riwayat penyakit dan penghalang yang mungkin menjadi penghalang kehamilan akan mendapatkan solusi. Selain itu, akan ada anjuran-anjuran penting bagi wanita saat hamil, yang akan mereka berikan. Sehingga, meminimalisir kelahiran cacat pada bayi.

3. Menghindari depresi


Salah satu hal yang menyebabkan gagalnya perencanaan sebuah kehamilan adalah terjadinya depresi. Jika beberapa tanda ini mulai muncul pada diri Anda, seperti mudah putus asa, kurang nafsu makan, tidak bergairah, murung, insomnia, lemas, segera konsultasikan ke dokter. Nanti dokter akan merekomendasikan kepada psikiater dan di sana akan diberikan resep untuk pencegahan depresi untuk dikonsumsi  ibu hamil.

4. Catat jadwal ovulasi


Biasakan untuk mencatat periode haid untuk mengetahui masa subur. Selain melalui perhitungan ini, Anda juga bisa melakukannya dengan cara menggunakan ovutest Femometer. Selain itu, bisa juga dengan mengenali tanda-tanda yang terjadi pada tubuh menjelang masa ovulasi. 

Itu tadi beberapa persiapan yang harus Anda lakukan saat melakukan perencanaan kehamilan. Masa subur wanita sangat penting, tapi bukan berarti mengabaikan aspek lain yang tak kalah pentingnya. Masa subur bisa diperiksa dengan cara menggunakan ovutest tapi hal lain, butuh perjuangan yang lebih untuk membuat kehamilan ini berhasil. Semoga bermanfaat 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan