Selamatkan Anak dari Kecanggihan Gadget

Kebanyakan orang jika sudah memakai gadget akan terhipnotis dengan kecanggihan teknologi terkini. Bahkan anak kecil yang masih dibawah umur pun tidak akan merasa bosan jika sudah menggunakan perangkat teknologi ini. Kecangihan gadget akan membuat pemakainya mendapatkan kepuasan yang lebih. Namun kesalahan orang tua yaitu tidak menyadari bahwa memberikan gadget pada anak tidak selamanya memberikan dampak positif, bahkan jika tidak didasari dengan pengetahuan yang lebih maka penggunaan gadget akan mengancam masa depan anak-anak baik dari segi kesehatan, perkembangan, sosial, maupun prestasi.

Selamatkan Anak dari Kecanggihan Gadget

Dilihat dari segi kesehatan, penggunaan gadget bagi anak-anak dapat mengakibatkan berbagai masalah penyakit, misalnya pada punngung. Menurut riset penelitian menemukan 64 persen dari 204 anak berusia 7-18 tahun menderita sakit punggung. Namun, hampir 90 persen anak tidak memberitahukan sakit yang dideritanya. Karena asyiknya memainkan gadget anak-anak tidak mengeluh dengan apa yang dirasanya. Radiasi yang dihasilkan dari gadget juga berdampak negatif terhadap anak yang memainkan gadget dengan waktu yang sangat lama, terutama terhadap mata anak.

Tidak hanya dari segi kesehatan, penggunaan gadget pada anak berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Anak yang seharusnya berkembang secara bertahap melalui latihan dan bimbingan, dengan adanya gadget akan mengubah konsentrasi anak. Anak yang seharusnya berkonsentrasi terhadap apa yang baru dilihat maupun dipelajarinya, kini lebih berfokus terhadap gadget yang lebih menarik perhatiannya. Bahkan anak menjadi tidak mau melakukan kegiatan lain bila telah memegang gadget.

Pengaruh gadget dalam bidang sosial, akan membuat anak lebih menarik dirinya dari interaksi dan pergaulan bersama temanya. Anak akan lebih memilih memainkan gadgetnya dan lebih menyukai berinteraksi dengan dunia maya. Sehingga menyebabkan anak menjadi pribadi yang asosial. Ini tidak baik bagi kehidupan anak dimasa yang akan datang, kehidupan bersosialnya akan rentan terhadap masalah ketika anak tersebut dewasa nanti.

Dan dampak terakhir dari gadget adalah dapat mempengaruhi prestasi anak dalam belajar. Karena gadget membuat anak lebih memfokuskan kesenangan melalui permainan-permainan yang terdapat didalam gadget dibandingkan dengan membaca buku-buku pelajaran. Meskipun melalui gadget dapat mempermudah mengakses informasi yang luas, tetapi dengan hadirnya gadget pula maka buku-buku yang dulunya merupakan gudang ilmu kini buku dianggap wawasan yang ketinggalan zaman.

Semoga dampak gadget bagi anak diatas dapat memberikan pelajaran bagi para orang tua untuk masa depan anaknya. Tetapi jika penggunaan gadget disesuaikan dengan kebutuhan, maka gadget akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak kedepannya.

Popular Posts