Sejarah Olahraga Baseball

Di ciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago pada tahun 1887. Pada awalnya baseball atau sering di sebut softball ini di mainkan hanya untuk kegiatan rekreasi semata saja dan hanya di lakukan di lapangan yang tertutup. Namun seiring berjalannya waktu, baseball menjadi permainan yang sangat digemari oleh semua orang masyarakat di amerika. Karena dalam permainannya mempunyai daya tarik yang berbeda-beda. Dan softball ini dapat di mainkan setiap orang, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, baik pria dan wanita. Dan juga permainan ini tidak memerlukan lapangan yang sangat luas.

Sejarah Olahraga Baseball

Pada tahun 1933 Softball telah menjadi nama resmi. Kemudian pada tahun 1934 pembentukan peraturan untuk lebih jauh memberikan standarisasi peraturan softball diberlakukan dan dari tahun ke tahun banyak sekali perubahan demi perubahan. Khususnya pada tahun 1946 dimana perubahan pada jumlah pemain dalam satu tim dari 10 menjadi 9 orang. Dan untuk pemain terakhir atau ke 10 dinamakan shortfie. Home plate juga di tambah untuk putera awalnya 43 kaki ke 46 kaki ( 13.114 meter)

Dan seiring berjalannya waktu kemudian lahirlah Federasi Softball International. Dan organisasi ini membuat peraturan-peraturan yang menyangkut permainan olahraga softball yang berlaku di seluruh dunia. Dan Indonesia pun termasuk. Naskah yang pada aslinya di tulis dalam bahasa Inggris, namun banyak di terjemahkan oleh para anggotanya, meski banyak terdapat beberapa kesulitan dan pengertian yang tepat. Serta hal ini menimbulkan bedanya pendapat atau perselisihan mengenai peraturan.

Kejuaraan internasional olahraga softball saat ini paling bergengsi adalah kejuaraan softball dunia., word cup softball,

Kualifikasi dalam tiap tahun mengirimkan kontingennya untuk bertanding. Setelah lolos kualifikasi, sejumlah negara akan bertanding satu sama lain dalam 5 pertandingan dan dua tim yang terbaik akan memperebutkan posisi juara kesatu.


Perkembangan softbal di Indonesia sendiri, jauh sebelum merdekanya sofbal sudah ada yang memainkannya di Indonesia. Akan tetapi sifatnya masih terbatas, jadi hanya dimainkan di sekolah-sekolah tidak seperti di luar negeri yang telah dimainkan oleh banyak orang. Pada awalnya softball ini dianggap permainan yang hanya pantas untuk dimainkan oleh wanita saja, dan ini berlangsung hingga tahun 1966. Dan sampai tahun itu di Asia Games bangkok hanya di mainkan oleh wanita atau putri saja, seiring dengan waktu terbukalah mata mereka bahwa softbal ini bisa di mainkan oleh semua kalangan.

Popular Posts