Tips Memotivasi Siswa Dalam belajar

Dalam sebuah kegiatan belajar dan mengajar tentulah sering kita dapati situasi dimana para siswa mulai memperlihatkan kejenuhannya dengan berbagai macam hal yang mereka lakukan di dalam ruangan kelas. Sebetulnya ada banyak cara untuk dapat memompa motivasi seorang siswa untuk dapat aktif belajar ataupun giat dalam belajar. Peranan seorang guru dalam situasi ini benar-benar penting. Memang bukan perkara yang mudah untuk dapat memacu seorang siswa sekalipun dengan usaha dan motivasi yang tinggi. Tapi jika kita melakukannya dengan terus menerus, maka akan kita peroleh hasilnya dalam waktu yang relatif singkat. Berikut beberapa tips untuk dapat memotivasi pelajar dalam belajar:


Tips Memotivasi Siswa Dalam belajar
1 . Pujian
Pujian wajib untuk anda berikan pada setiap siswa, efek positif dari pujian salah satunya dapat menimbulkan rasa puas dan senang pada siswa, sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk dapat belajar lebih baik lagi.

2 . Memberi Nilai/Angka
Pemberian nilai atau angka sendiri sudah merupakan kegiatan yang rutin terjadi dalam sebuah kegiatan mengajar dan belajar, siswa yang mendapatkan nilai yang bagus cenderung dapat termotivasi semangat belajarnya tapi sebaliknya dengan siswa yang mendapatkan nilai yang kecil, biasanya sering menimbulkan perasaan frustasi, tapi terkadang ada juga yang menjadikannya sebuah dorongan untuk dapat belajar lebih giat.

3 . Kerja Kelompok
Kerja kelompok memiliki banyak manfaat bagi para siswa, selain dapat mengakrabkan satu sama lain, manfaat kerja kelompok lainnya adalah sebagai pendorong terjadinya sebuah kerjasama dalam kegiatan belajar.

4 . Persaingan
Penting untuk dapat mengarahkan arti sebuah persaingan yang positif bagi pelajar. Persaingan yang tidak sehat biasanya menimbulkan sebuah pertentangn antar individual siswa, akan tetapi jika anda mampu mengarahkan pengertian persaingan kepada jalur yang positif maka makna persaingan bagi para siswa dapat berarti saling bekerja keras untuk meraih posisi terbaik di kelas secara sehat.

5 . Dunia Maya/Internet
Tidak ada seorang pun yang dapat menahan derasnya laju sebuah globalisasi yang kian berkembang. Dunia maya atau internet saat ini sudah dapat mempertemukan siapa pun termasuk guru dan murid dalam sebuah jejaring media sosial. Hal tersebut dapat dipergunakan juga untuk mendukung pembelajaran terutama dengan menggunakan e-learning yang tidak membatasi pertemuan guru dan murid hanya sebatas di dalam kelas saja.

Popular Posts