Mengenal Standar GIA yang Wajib Dimiliki Toko Berlian Berkualitas

May 15, 2023


Perhiasan berlian yang ada di pasaran memiliki kualitas yang beragam. Meskipun umumnya bernilai tinggi, namun ada juga yang harganya murah karena kualitasnya rendah. Anda yang ingin mendapatkan perhiasan berlian terbaik harus memilih toko berlian berkualitas. Apa ciri utama toko yang berkualitas? Toko yang berkualitas harus memiliki standar yang dinamakan Standar GIA. Artikel ini akan membahas lebih jauh untuk Anda.

Mengenal Lebih Dalam Standar GIA

Sesuai namanya, standar GIA diterbitkan oleh lembaga bernama GIA (Gemological Institute of America). GIA Diamond Certification menggunakan empat parameter untuk menilai kualitas berlian. Apa saja? Berikut di antaranya:

  1. Carat weight atau berat karat

Carat weight lebih dikenal dengan carat merupakan satuan pengukur berat standar berlian serta batu permata lain. Istilah ini berbeda dengan karat pada emas murni yang menunjukkan kemurnian logam. Carat weight sudah berlaku secara internasional sehingga sama di seluruh dunia.

Nilai satu carat berlian sama dengan 0,2 gram. Ada juga yang menyebutkannya dalam bentuk poin. Misalnya berlian 50 poin sama dengan 0,5 carat. Begitu pula berlian 100 poin sama dengan 1 carat.

  1. Color atau warna

Berlian putih memiliki corak warna kuning dan coklat. Semakin tinggi corak warna yang terlihat, maka harganya akan semakin rendah. Sementara penilaian warna sendiri berdasarkan huruf mulai dari D sampai dengan Z.

Grade D adalah berlian dengan warna terbaik, sedangkan grade Z adalah berlian dengan warna terburuk. Berlian yang berkualitas setidaknya memiliki warna D, E, F, G, dan H. Hindari perhiasan di bawah grade tersebut.

  1. Cut atau potongan

Parameter yang menentukan kualitas perhiasan berlian selanjutnya adalah cut atau potongan. Dibandingkan parameter 4C lain, cut merupakan parameter yang paling penting untuk menentukan kualitas perhiasan. 

Pastikan memilih potongan berlian terbaik yang presisi dan simetris. Pasalnya potongan yang baik menghasilkan kilau yang sempurna. Kualitas potongan berlian terbaik adalah excellent cut. Hindari memilih perhiasan berlian di bawah kategori tersebut.

  1. Clarity atau kejernihan

Clarity atau kejernihan merupakan parameter kualitas berlian terakhir yang perlu Anda pahami. Parameter ini menunjukkan berapa banyak inklusi di dalam berlian. Semakin banyak tentu saja nilainya akan semakin rendah.

Kualitas clarity paling tinggi disebut FL atau Flawless. Namun karena langka, berlian FL memiliki harga yang mahal. Sementara kualitas paling rendah adalah I3. Paling tidak Anda harus membeli berlian dengan kualitas tengah-tengah yaitu VVS atau VS.

Rekomendasi Toko Berlian yang Berstandar GIA

Apakah Anda sedang mencari toko berlian berkualitas yang sudah berstandar GIA? Mondial Jeweler adalah jawabannya. Brand perhiasan berlian premium satu ini berdiri sejak tahun 1979 dan menjadi bagian dari CMK (PT Central Mega Kencana). Sertifikasi berlian GIA menjadi bukti bahwa semua perhiasan yang dijual adalah perhiasan asli dan berkualitas.

Koleksi perhiasannya lengkap mulai dari simple sampai mewah serta terjangkau sampai mahal. Anda juga bisa menemukan perhiasan berupa kalung, liontin, cincin, anting, bros, dan juga gelang. Semuanya bisa Anda dapatkan hanya dari satu toko saja.

Mondial Dreams Collection merupakan salah satu contoh koleksi kekinian yang cocok dengan wanita muda. Selain itu, ada juga koleksi klasik seperti Gala Collection atau Azure Collection. Keduanya berdesain mewah cocok untuk dipakai saat ke pesta. 

Itulah pembahasan dan rekomendasi toko berlian berkualitas untuk Anda. Pastikan memilih toko berkualitas agar perhiasan yang dibeli terjamin. Bukan hanya kualitasnya saja, tapi juga jaminan keasliannya. Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih dalam mengenai Mondial Jeweler bisa mengunjungi website atau media sosialnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan