Mengenal Pajak Usaha Perorangan

March 16, 2022


Seseorang dengan gaji atau honorarium melaporkan pajak pribadi yang dilakukan secara mandiri atau kolektif dipangkas langsung oleh perusahaan. Sementara itu, seseorang yang menghasilkan pendapatan dari membuka usaha wajib membayar pajak usaha perorangan dengan atau tanpa bantuan dari jasa konsultan pajak Jakarta

Ketika ingin semuanya lebih mudah dan dilancarkan maka pilihlah jasa konsultan. Profesionalisme kerja mereka memungkinkan Anda mendapatkan informasi terkini mengenai pajak usaha perorangan maupun bantuan pelaporan pajaknya. Alhasil, pajak usaha perorangan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat sasaran.

Seluk Beluk tentang Pajak Usaha Perorangan


Butuh waktu yang sangat lama bagi seseorang untuk memahami pajak dari komponen A-Z. Agar Anda tidak tersesat dalam prosesnya, simak informasi mendasar mengenai pajak usaha perorangan di bawah ini:

  1. Contoh Perusahaan Perorangan WP

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis pajak usaha perorangan, Anda perlu tahu siapa saja objek pajaknya. Contoh perusahaan perorangan di Indonesia sangatlah banyak. Tidak sedikit pula perusahaan perorangan yang berhasil menjadi lebih besar sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Jenis-jenis usaha perorangan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah di antaranya adalah usaha salon kecantikan, kedai kopi, toko buku sampai toko kelontong. Selain itu masih banyak lagi jenis usaha perorangan yang juga menghasilkan banyak rupiah. Kuncinya hanya melakukan bisnis dengan baik dan benar tanpa kekhawatiran merugi. 

  1. PPh

PPh merupakan salah satu jenis pajak paling familiar bagi WNI. Selain berlaku bagi WP pribadi, PPh juga harus dibayarkan oleh perorangan yang menjalankan bisnis dan menghasilkan pundi-pundi uang. Tarif PPh yang pemerintah tetapkan untuk pajak usaha perorangan pun tergantung dari jumlah PKP-nya. 

Tarif 5% dipungut bagi WP yang PKP-nya mencapai Rp50 juta. Otomatis nilai yang lebih besar dari itu menciptakan nilai persentase yang lebih tinggi. Misalnya PKP lebih dari Rp500 juta wajib melaporkan PPh tahunan dengan tarif sebesar 30%. Pengusaha yang tidak mampu melaporkan PPh dengan baik dan benar dapat meminta bantuan dari jasa konsultan pajak. 

  1. PPN

Selain PPh, adakah pajak usaha perorangan yang juga perlu dibayarkan oleh pengusaha? Jawabannya adala PPN. Besaran tarif yang ditetapkan adalah 10%. PPN ditetapkan pada jasa atau barang kena pajak yang kemudian disingkat menjadi BKP atau JKP. 

Setiap pengusaha dengan penghasilan bruto kurang atau lebih besar dari Rp4,8 miliar boleh mengusulkan diri sebagai PKP. Ketentuan tersebut membuat mereka secara resmi harus membayarkan PPN mengingat kegiatan bisnis yang diselenggarakannya memiliki kekuatan pajak.

Sebagaimana contoh perusahaan perorangan yang telah kami sebutkan di atas, maka BKP atau JKP mengikat sepenuhnya. Kopi atau buku misalnya telah terikat sepenuhnya pada PPN.

Setiap pengusaha memiliki impian yang berbeda atas bisnis mereka. Anda mungkin lebih suka menjadi pengusaha bidang peternakan tapi tidak sedikit yang lebih suka menciptakan jasa. Apa pun jenis bisnisnya, usahakan bayar dan laporkan pajak usaha perorangan tepat waktu. Membayar pajak akan menjadikan Anda sebagai WP usaha perorangan yang taat dan juga bertanggung jawab.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan