Pentingnya Mengetahui Berat Ideal Kucing

November 04, 2021

Berapa sih berat ideal kucing? Tidak sedikit pemilik hewan yang satu ini merasa bingung menentukan berat ideal agar tidak kelebihan berat badan alias obesitas. Meski terlihat sepele, namun jika diabaikan begitu saja bisa memberi dampak yang cukup signifikan seperti artritis dan lipidosis hati. Adapun berat ideal yang dianjurkan adalah rata rata 3,6 kg hingga 6,8 kg tergantung dari ras kucing itu sendiri. Namun, pada dasarnya berat yang direkomendasikan adalah 4 kg hingga 4,5 kg.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa kucing akan berkembang menjadi lebih berat dan lebih besar seiring dengan bertambahnya usia. Seperti berat kucing saat lahir jelas akan berbeda saat kucing sudah dewasa. Beberapa referensi dari berat kucing yang didasarkan pada umur seperti 0-6 minggu beratnya kurang dari 350 gram. Kemudian, untuk kucing yang berusia 6 hingga 7 minggu, maka berat ideal kucing adalah 350 hingga 700 gram. Selanjutnya, untuk kucing yang berusia 7 hingga 8 minggu maka beratnya adalah 400 hingga 900 gram. Sementara itu, kucing yang berusia 3 bulan akan memiliki berat badan 1 kg hingga 1,5 kg dan dewasa sekitar 3,5 kg hingga 5,5 kg.

Oh ya, selain faktor umur maka hal lain yang turut mempengaruhi berat badan kucing adalah ras keturunan. Misalnya saja kucing siam memiliki berat badan yang cukup ringan dibandingkan dengan kucing yang memiliki ras kucing maine coon. Begitu juga dengan Domestic short hair akan memiliki berat badan sekitar 3,6 kg hingga 5,5 kg. Kemudian, untuk ras Persia biasanya memiliki berat badan sekitar 3.1 kg hingga 5,5 kg.

Untuk Maine Coon sendiri memiliki berat badan sekitar 5 kg hingga 11,3 kg dan Kucing Siam sekitar 3,1 Kg dan 6,3 Kg. Sebaliknya, kucing dari rasa Exotic shorthair memiliki berat sekitar 3,6 kg hingga 5,8 kg. Sementara itu, kucing dari Abisinia sekitar 4 kg hingga 6,8 kg. Bagaimana dengan Ragdoll yang memiliki berat badan 3,8 kg hingga 8,1 kg. Dan berat ideal kucing yang berasal dari ras Ragdoll adalah 3,8 kg hingga 8,1 kg.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan nutrisi hewan peliharaan khususnya kucing bisa mengunjungi situs resmi Royal Canin sekarang juga. Oh ya, nama websitenya adalah https://www.royalcanin.com/

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan