7 Tips Efektif Memilih Vendor Kontraktor Terpercaya dan Berkualitas

July 08, 2021

Membangun rumah impian merupakan idaman setiap orang. Jika Anda ingin memiliki rumah yang bagus dan sesuai harapan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih desain rumah yang tepat. Tetapi tidak hanya berhenti di situ saja, karena Anda juga harus mempekerjakan kontraktor untuk mewujudkan rumah impian Anda. Supaya tidak salah pilih, lebih baik menggunakan jasa vendor kontraktor yang terpercaya.

Pemilihan kontraktor yang tepat akan membantu Anda mempermudah membangung rumah. Ketika kontraktor mampu mengetahui apa yang Anda inginkan, sudah pasti semuanya akan berjalan dengan baik. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih kontraktor.

Bagaimana Tips Memilih Kontraktor yang Tepat?


Sebelum mulai memilih kontraktor, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kontraktor yang bisa Anda terapkan:

1. Memiliki Legalitas

Sebelum memilih kontraktor, pastikan Anda mengetahui status legalitas dari kontraktor yang akan Anda pilih. Kontraktor yang terpercaya seharusnya berbadan hukum, memiliki kantor dan track record yang jelas, serta mempunyai izin untuk operasi. Sebagai tambahan, Anda sangat disarankan untuk memilih kontraktor yang memiliki jejak digital.

2. Mempertimbangkan Testimoni

Selain mempertimbangkan badan hukum yang dimiliki, Anda juga perlu mengetahui testimoni dari kontraktor yang akan Anda pilih. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah melihat ke sebuah website yang menampilkan testimoni.

Kontraktor yang memiliki jejak digital pasti menyertakan gambar hasil pembangunan hunian. Dari situ, Anda bisa menilai sendiri apakah kontraktor tersebut sudah sesuai atau belum dengan keinginan Anda.

3. Mengenal Spesialisasi

Meskipun Anda belum memiliki konsep yang matang tentang bangunan yang akan didirikan, setidaknya ada gambaran besar. Tujuannya untuk mengenal spesialisasi kontraktor supaya sesuai dengan harapan Anda. Pilih yang benar-benar menguasai hunian yang Anda impikan.

4. Bersedia Terikat Kontrak

Jangan hanya mengandalkan rasa percaya saja, sebab mengerjakan projek juga harus berdasarkan kontrak resmi. Sebaiknya memilih kontraktor yang sejak awal sudah mau membicarakan tentang kontrak resmi. Umumnya, kontrak resmi akan memuat beberapa hal mulai dari rincian biaya, lama waktu pengerjaan, metode dan tahapan pembayaran, serta material yang digunakan.

5. Memiliki Garansi

Garansi selalu menjadi bahan pertimbangan yang tak kalah penting, termasuk dalam proses pembangunan atau renovasi rumah. Anda tidak pernah tahu jika ada hal-hal yang tak diinginkan setelah proses pengerjaan, tetapi kontraktor yang berkualitas akan memberikan garansi atas kerja mereka. Adanya garansi juga akan membuat kontraktor bekerja lebih giat dan berusaha semaksimal mungkin.

6. Mengetahui Rincian Harga

Anda memang harus mempersiapkan banyak dana untuk mendapatkan hunian sesuai harapan, mulai dari membeli berbagai material serta hal-hal lainnya. Pilihlan kontraktor yang mengetahui hal-hal tersebut sebaik mungkin.

Kontraktor terpercaya harus mampu merumuskan rincian biaya yang diperlukan untuk proses pembangunan. Termasuk mengetahui material paling efisien tetapi memiliki hasil yang maksimal dan terbaik.

7. Sering Direkomendasikan

Kontraktor yang sering direkomendasikan juga sangat dianjurkan untuk Anda pilih. Baik direkomendasikan secara langsung atau melalui digital.

Salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda pilih untuk mencari kontraktor terbaik adalah menggunakan jasa dari pihak ketiga. Apa lagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda dalam membangun hunian.

Pastikan Anda mendapatkan kontraktor sesuai harapan yang bisa memberikan rumah impian. Gunakanlah vendor kontraktor untuk berkonsultasi atau menemukan kontraktor yang berkualitas.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan