Rumah Cantik Dengan Kreasi Pot Bunga Buatan Sendiri

September 28, 2020

Selain digunakan sebagai bahan utama membuat sebuah bangunan, semen tiga roda bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lain. Salah satunya adalah memakainya sebagai bahan dasar pembuatan pot bunga buatan sendiri. Dengan pot berkualitas dan juga bunga yang sesuai pilihan, Anda akan memperoleh suasana berbeda di sekitar rumah.

Lantas bagaimana pembuatan pot dengan bahan dasar semen tiga roda. Sebenarnya jika Anda sudah memiliki keahlian, pot bunga bisa dibuat sesuai dengan kreasi. Baik bentuk dan ukuran memang menyesuaikan kebutuhan. Hanya saja ada beberapa alat yang bisa disiapkan sebagai bahan-bahan pembuatannya.


Bahan yang Diperlukan

Untuk langsung memulai pengerjaan pot bunga buatan sendiri, silahkan mempersiapkan beberapa bahan seperti:

Semen tiga roda secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Isolasi tahan air

Wadah sesua kebutuhan

Cutter atau pisau kecil

Kardus bekas

Kuas Foam

Air secukupnya

Tanaman atau bunga

Proses Pembuatan

1. Untuk proses pembuatan silahkan memulainya dengan memotong kardus bekas. Untuk memberikan kesan bagus dan berbeda, silahkan Anda menyesuaikan bentuk kardus sesuai keinginan. Ukuran dan bentuk pot akan mengacu bentuk potongan kardus yang sudah Anda tentukan.

2. Lekatkan semua bagian sisi kardus yang sudah dipotong dengan isolasi tahan air.

3. Aduklah semen tiga roda dalam wadah serbaguna yang sudah dipersiapkan sesuai kebutuhan. Pastikan juga jika konsistensi yang ada pada ukuran semen sesuai takaran baik kekentalan dan cairnya adukan bahan semen.

4. Setelah semen sudah tercampur rata, olesi wadah dengan minyak goreng untuk melicinkan cetakan. Kemudian silahkan menuangkan pada cetakan pot yang sudah jadi.

5. Tunggu sampai cetakan semen sudah benar-benar kering, setelah itu lepas secara perlahan dari cetakan. Jangan sampai pecah karena biasanya bahan yang masih sedikit basah memang rentan retak jika dipaksa lepas dari cetakan.

6. Proses terakhir adalah memberikan warna. Pergunakan foam brush untuk memberikan warna-warni menarik ke pot yang sudah kering. Ulangi proses pemberian warna agar benar-benar menyerap ke semua bagian yang sudah diberikan warna.

7. Jemur di terik matahari sampai benar-benar siap untuk diisi tanah dan tanaman yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Nah, itulah kreasi pot bunga buatan sendiri dengan bahan semen tiga roda yang bisa Anda coba. Rumah Anda akan semakin cantik dengan pot-pot kreasi Anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan