6 Tips Kuliah Ekstensi D3 ke S1 Sambil Bekerja

June 17, 2020
ekstensi d3 ke s1

 Bisakah kuliah sambil bekerja? Tentu saja bisa. Hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat jam kuliah tidak begitu ketat seperti saat sekolah. Apalagi jika Anda hanya mengambil program ekstensi D3 ke S1. Dengan waktu kuliah yang relatif singkat, Anda bisa menggunakan sisa waktu yang ada untuk bekerja.

Beberapa perguruan tinggi juga memungkinkan mahasiswanya untuk bisa kuliah sambil bekerja. Salah satu caranya dengan membuka kelas karyawan. Sesuai dengan namanya, kelas ini dibuka untuk mereka yang sudah bekerja.

Kuliah sambil bekerja


Kelas karyawan memungkinkan Anda tetap bisa melakukan pekerjaan full time di siang hari dan berkuliah di malam hari. Agar bisa melakukan kedua hal ini dengan baik, Anda bisa mengikuti tips kuliah sambil bekerja berikut ini.

Beritahu atasan bahwa Anda akan berkuliah sambil bekerja


Yang pertama adalah beritahu atasan tempat Anda bekerja. Biarkan atasan Anda tahu bahwa Anda akan menjalankan proses perkuliahan. Harapannya, atasan bisa mengerti kondisi Anda sehingga bisa menyesuaikan pekerjaan yang diberikan. 

Siapa tahu juga ternyata perusahaan Anda memiliki fasilitas beasiswa bagi karyawannya yang tidak Anda tahu. Dengan memberitahu atasan bahwa Anda akan melanjutkan studi, mungkin saja atasan akan memberikan beasiswa dari perusahaan.

Pilih kampus yang membuka kelas karyawan


Yang kedua, pilihlah kampus yang membuka kelas karyawan. Salah satu kampus terbaik yang menyelenggarakan kelas ini adalah IDS College. Dengan adanya kelas karyawan, memungkinkan Anda bisa bekerja sambil berkuliah.

IDS College juga membuka program ekstensi dari jenjang D3 ke S1 yang fokus pada ilmu komputer. 

Pilih kampus yang mengadakan kuliah online


Yang ketiga, kampus yang mengadakan kuliah online. Kuliah online ini memungkinkan Anda mengakses materi dimanapun dan kapanpun Anda berada. Jika Anda tidak bisa mengikuti kelas karena suatu hal yang menyangkut pekerjaan, Anda masih bisa mendapatkan materi kuliah.

Pilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan saat ini


Yang keempat, pilihlah jurusan yang tidak jauh dari pekerjaan Anda saat ini. Kenapa? Berkuliah yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda saat ini, sangat mungkin memudahkan Anda ketika meminta izin kepada atasan.

Tidak hanya itu. Ketika Anda memilih program ekstensi D3 ke S1 yang sesuai dengan bidang kerja saat ini dan juga sesuai dengan jurusan sebelumnya, Anda akan lebih mudah mengikuti materi perkuliahan yang diajarkan.

Pertimbangkan jarak kampus dengan tempat bekerja


Yang kelima, pertimbangkan jarak kampus dengan tempat Anda bekerja. Hal ini juga penting karena Anda akan sering bolak-balik antara kantor dan kampus. Untuk itu, pilihlah kampus yang berlokasi di tempat yang strategis serta mudah diakses.

Selain mempertimbangkan lokasi kampus dengan kantor, Anda juga bisa mempertimbangkan lokasi kampus dengan rumah Anda. Jadi, meskipun lokasi kampus jauh dari kantor, tidak menjadi masalah jika dekat dengan rumah Anda.

Perhitungkan biaya kuliah


Yang keenam, perhitungkan biaya kuliah. Biaya kuliah ini akan Anda bayarkan tiap semester. Belum lagi dengan biaya gedung dan biaya lain-lain. Sesuaikan dengan gaji dan kesanggupan Anda dalam membayar. Jika merasa keberatan, Anda bisa mencari beasiswa.

Itulah 6 tips bekerja sambil berkuliah yang bisa Anda terapkan. Tidak ada yang sulit dilakukan selama Anda bisa mengatur waktu dengan baik. Begitu juga ketika Anda mengambil program ekstensi D3 ke S1 sambil bekerja. Atur waktu dengan baik, istirahat yang cukup, dan kerjakan tugas kantor dan tugas kuliah dengan baik.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan