Cara Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak

January 18, 2019
Cara menggunakan gadget
Gadget merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi anak-anak. Bahkan kemahiran mereka dalam menggunakan alat yang satu ini jauh lebih baik dibandingkan orang tuanya. Namun perlu hati-hati, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak dapat mengganggu tumbuh kembang mereka. Untuk itu kita harus memahami cara menggunakan gadget yang baik untuk anak-anak. Sebisa mungkin kita harus mengontrol penggunaan gadget pada mereka. 

Berikut cara pengontrolan gadget pada anak-anak diantaranya: 

Tidak ada ponsel berkamera Dalam hal ini sering terjadi penyalahgunaan ponsel pada anak-anak. Untuk itu jangan memberi mereka ponsel berkamera. Jika memang mereka suka fotografi, berikan mereka kamera betulan bukan kamera yang ada pada ponsel anda. Non aktifkan data internet Pastikan ketika menyerahkan ponsel pada anak-anak, nonaktifkan dulu pengaturan data pada ponsel anda. Penggunaan internet pada anak yang terlalu dini dapat berdampak negatif bagi perkembangan mereka. 

Selain itu dengan matinya data internet, dapat menghindari anak membuka situs-situs dewasa yang tidak baik untuk mereka. Melacak penggunaan internet Seperti yang disebutkan tadi diatas, penggunaan internet pada ponsel ditakutkan anak membuka situs-situs yang tidak baik untuk perkembangan mereka. Untuk itu kita harus selalu melacak penggunaan internet pada anak-anak. Jika perlu blokir saja situs-situs dewasa dan situs kekerasan yang dapat berdampak negatif bagi mereka. 

Batasi waktu bermain Ketika anak sudah asik bermain game di gadget, pastinya mereka tidak akan tahu waktu, bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game. Maka dari itu batasi kebiasaan buruk ini. Karena pada dasarnya anak yang masih dalam masa pertumbuhan , perlu latihan motorik dan belajar untuk bersosialisasi untuk perkembangan mereka. Usahakan batasi waktu mereka menggunakan gadget, maksimal 2 jam per hari. 

Itulah beberapa cara mengontrol penggunaan gadget untuk anak-anak. Pahamilah cara menggunakan gadget yang baik dan bijak, agar yang kita peroleh adalah dampak positif dari alat tersebut. Sehingga memberikan manfaat yang baik pula untuk tumbuh kembang anak-anak.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan