Cara Ganti Oli Mobil Sendiri Tanpa Perlu ke Bengkel

May 22, 2018
Ganti oli mobil

Setiap pemilik mobil wajib untuk selalu melakukan pengecekan terhadap kendaraannya agar tetap dalam perfoma terbaiknya seperti salah satunya mengecek oli pada kendaraan. Ganti oli mobil sendiri merupakan salah satu perawatan kendaraan yang wajib dilakukan mengingat oli sendiri merupakan salah satu komponen penting yang harus selalu diperhatikan. Kini, bagi anda yang berencana untuk mengganti oli mobil. 
Ganti oli mobil

Berikut ini akan kami jelaskan tips cara - cara menggantinya tanpa perlu ke bengkel dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. 


1. Buang Oli yang Lama 


Langkah pertama proses penggantian oli mobil adalah membuang oli yang lama. Untuk membuang, terlebih dahulu anda harus mengeluarkan oli yang terdapat di dalam kendaraan. Gunakan dongrak atau penyangga untuk mengangkat mobil. Usahakan untuk meletakan mobil di tempat yang datar agar mudah untuk melakukan proses pembuangan oli yang lama dan jangan lupa untuk memasang rem tangan. Setelah itu panaskan mobil sejenak agar oli yang mengerak bisa mencair dan mudah untuk dikeluarkan. Lalu bukalah penutup oli yang terletak pada bagian atas mesin agar udara tidak masuk sehingga anda dapat dengan mudah mengalirkannya dari bawah dan gunakan baki sebagai tempat oli yang lama. 

2. Ganti Saringan Oli 


Sebenarnya, mengganti oli saja tidaklah cukup, anda pun harus mengecek saringa oli yang terdapat pada kendaraan anda. Agar mesin dapat bekerja dengan baik ada baiknya anda mengganti saringan oli tersebut.Lokasi saringan ini biasanya terletak di bagian samping atau belakang mesin dengan ciri - ciri berwarna putih hitam atau biru yang berbentuk silinder dengan lebar 8 cm dan panjang 10 cm sapai 15 cm. Setelah menemukannya, lepasakan dengan cara memutarnya dan ganti dengan yang baru. 

3. Tuangkan Oli Baru 


Setelah tahap pertama dan kedua selesai, maka selanjutnya anda tinggal ganti oli mobil kendaraan yang lama dengan oli baru. Sebelum anda menuangkannya, ada baiknya untuk membaca petunjuk yang tertera pada kemasan oli yang anda gunakan. Petunjuk tersebut penting untuk diperhatikan sebelum anda menuangkannya. Pastikan anda memilih oli yang tepat seperti produk oli dari Top 1 yang merupakan jenis oli sintetik yang baik untuk mesin kendaraan anda. Setelah dituangkan, pasang kembali penutup oli dan bersihkan tetesan oli. 

Tiga tahapan di atas adalah poin yang penting dan mudah untuk dilakukan mengganti oli tanpa harus ke bengkel. Gunakanlah selalu oli Top 1 karena brand oli sintetik yang satu ini telah terbukti berkualitas. yang saat ini tengah membutuhkannya. Beberapa diantaranya seperti oli motor untuk motor biasa dan oli motor matic yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan masing - masing. 

Selain itu, harga oli sintetik yang satu ini pun terjangkau untuk setiap kalangan yang tengah membutuhkan produk oli berkualitas terbaik.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan