Tips Menjaga Daya Tahan Batre Laptop Agar Tahan Lama

November 01, 2017
Tips Menjaga Daya Tahan Batre Laptop Agar Tahan Lama

Laptop merupakan perangkat sejenis komputer yang bentuknya lebih simpel dan praktis. Laptop sering disebut dengan kojing atau komputer jinjing. Fungsi dan kegunaannya sama sekali tidak berbeda dengan komputer biasa yaitu digunakan untuk pekerjaan adminsitratif speerti pengetikan naskah, perhitungan dan lain – lain, selain itu laptop juga digunakan untuk jenis pekerjaan yang yang berhubungan dengan jaringan internet. Ukurannya yang kecil menjadikan laptop sebagai komputer yang bisa berjalan dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Itulah kelebihan laptop jika dibandingkan komputer biasa atau biasa disebut dengan personal computer (PC). Begitu pentingnya fungsi komputer ini, sehingga kita sebagai penggunanya harus mengetahui bagaimana cara merawat perangkat tersebut agar tidak cepat rusak. 

Salah satu bentuk perawatannya adalah anda harus memperhatikan cara atau Tips Menjaga Daya Tahan Batre Laptop tersebut. Batere laptop merupakan bagian penting dalam sebuah laptop. Sebagus apapun merk laptop yang kita miliki, jika baterenya sudah rusak, tidak aka nada harganya lagi, karena laptop bisa saja tidak berfungsi jika baterenya sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Apakah anda sudah mengetahui tentang cara atau tips menjaga daya tahan batre laptop yang benar sehingga batere laptop tersebut bisa tahan lama ? jika belum, ada baiknya anda perhatikan ulasan berikut ini yaitu ulasan tentang cara merawat batere laptop agar tahan lama. Adapun Tips Menjaga Daya Tahan Batre Laptop agar bisa tahan lama digunakan adalah sebagai berikut : 

  1. Laptop baru biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Charger dahulu baterai 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai menunjukkan warna hijau. 
  2. Gunakan baterai laptop jika disekitar anda tidak ada colokan listrik, namun jika ada colokan listrik, maka lepas baterai dan gunakan colokan listrik yang ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini untuk menghindari suhu panas pada laptop, karena dapat mempersingkat umur baterai. 
  3. Jangan sampai indikator pada laptop menunjukkan daya baterai tersisa 0%. Hal ini dapat merusak komponen-komponen hardware pada laptop. Setting pengaturan pada baterai laptop untuk menunjukkan indikator jika daya baterai laptop tersisa 10%. 
  4. Jangan membiarkan charger tetap mencolok pada waktu baterai sudah terisi penuh 100%. Segera cabut colokan, karena hal itu dampak pada umur baterai. 
  5. Untuk menghemat daya baterai laptop, matikan wifi jika anda tidak sedang browsing. 
  6. Setting layar jangan terlalu terang, karena hal itu membuat daya baterai cepat habis. Jika sedang menggunakan multimedia misalnya menonton film atau mendengarkan musik, setting untuk menggunakan headset. Karena penggunaan speaker dapat menyerap daya baterai lebih cepat. 
  7. Gunakan adaptor charger original untuk menghindari kebocoran daya baterai. 
  8. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop mati atau tidak menyala. 
  9. Tips Menjaga Daya Tahan Batre Laptop yahng terakhir adalah jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang banyak. Hal ini untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan