Penyakit TBC Pada Anak

Penyakit TBC Pada Anak
Penyakit TBC atau Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan pada seseorang. Penyakit TBC bisa dialami oleh siapa saja, bahkan oleh anak-anak. Orang yang mengalami penyakit TBC ini akan mengalami batuk yang tak kunjung sembuh yang disertai dengan keluarnya dahak, bahkan hingga disertai keluarnya darah. 

 Penyakit TBC adalah jenis penyakit menular dan dapat di tularkan melalui udara, tepatnya melalui percikan dahak orang yang terjangkit penyakit TBC yang mengenai seseorang yang ada didekatnya. Virus TBC bisa sangat cepat menular terhadap anak-anak jika mereka dekat dengan orang dewasa yang mengalami penyakit ini. 

Namun, gejala peyakit TBC pada anak-anak umumnya tidak terlihat jelas seperti halnya pada orang dewasa. Sehingga menyebabkan banyak anak yang terjangkit virus TBC dan terlambat untuk ditangani. Jika anak mengalami demam tinggi yang berulangkali dalam kurun waktu yang cukup lama, tidak mau makan sama sekali, mengalami penurunan berat badan dan mengalami hambatan dalam tumbuh kembangnya atau bahkan berhenti berkembang, maka anda perlu waspada karena hal ini bisa menjadi gejala dari penyakit TBC. 

Selain itu, jika anak mengalami batuk selama dalam kurun waktu lebih dari 3 minggu, maka sebaiknya anda segera memeriksakan anak ke tempat berobat. TBC pada anak memang tidak menular terhadap anak lainnya. Namun, virus TBC pada anak ini bukan hanya mengganggu sistem pernafasan pada anak, tetapi dapat menyebar ke saraf mata, tulang dan otak. 

Sehingga dapat meyebabkan anak mengalami cacat , mengalami anak sulit dalam berbicara, dan tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan normal. Untuk mencegah terjadinya penyakit TBC pada anak, maka sebaiknya anda sebagai orang tua harus lebih memperhatikan keadaan lingkungan di sekitar anak anda, sehingga si kecil dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. 

Selain itu, jika anak mengalami gangguan kesehatan yang tidak biasa, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda mengenai kesehatan si kecil, agar penyebabnya dapat terdeteksi sedini mungkin dan dapat diatasi dalam waktu yang cepat.

Comments

Popular Posts