Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

October 08, 2016
Organ penceranaan harus senantiasa kita rawat dan dijaga kesehatannya karena apabila organ pencernaan kita terganggu kita akan beresiko mendapatkan berbagai macam gangguan kesehatan yang tentunya akan merugikan diri kita sendiri. Salah satu organ pencernaan yang harus kita perhatikan adalah lambung dan usus yang memiliki peranan penting dalam proses pencernaan.
Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan
Lambung dan usus berfungsi untuk mencerna dan menyerap sari makanan yang kita konsumsi dan mengeluarkan sisa oalahan tersebut dalam bentuk feses. Ada baiknya secara rutin dan berkala kita melakukan tes kesehatan agar kita mengetahui sejauh mana kesehatan organ pencernaan kita selain itu kita juga bisa melakukan berbagai macam hal sederhana agar lambung dan usus kita tetap terjaga yang diantaranya adalah makan secara teratur. 

Pola makan yang baik akan menunjang kesehatan organ pencernaan kita. tidak berlebihan saat makan maupun tidak melewatkan jam makan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan agar kita memiliki organ pencernaan yang sehat dan kuat. Pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan penyakit magh yang tentunya akan sangat mengganggu. 

Selanjutnya adalah mengunyah makanan lebih lama sampai benar-benar lembut. Jika kita menelan makanan yang tidak dikunyah dengan baik maka akan menambah beban kerja lambung kita. saat lambung kita bekerja lebih keras akan mengakibatkan pergesekan pada dinding lambung dan beresiko menyebabkan luka pada lambung tersebut. 

 Hal sederhana lainnya yang bisa kita kerjakan untuk menjaga kesehatan lambung dan usus adalah dengan memperbanyak makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. selain itu sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat akan membantu proses pencernaan kita agar lebih lancar. 

Selanjutnya adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu asam, pedas maupun terlalu manis. Semua makanan tersebut bisa meningkatkan asm lambung dan beresiko mengundang berbagai macam penyakit yang merugikan tubuh kita sendiri. Hal sederhana selanjutnya adalah secara berkala melakukan tes kesehatan dan memeriksakan kesehatan organ pencernaan kita.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan