Pedulikan Kesehatanmu

June 11, 2016
Kesehatan bagi manusia merupakan elemen paling penting yang menentukan berjalan tidaknya suatu aktivitas pada manusia. Hal ini tentunya sangat rasional karena faktor kesehatan erat kaitannya dengan kesiapan dan keberfungsian seluruh organ tubuh manusia. Jika ada bagian atau organ tubuh yang terganggu dapat dipastikan rencana atau cita-cita yang ingin diwujudkan pun pasti tidak bisa dilaksanakan. 
Apabila dianalogikan pada sebuah kendaraan bermotor, kita mengetahui bersama bahwa mobil, motor, pesawat, kapal laut dan kereta api bisa berjalan dan beroperasi secara normal karena kesatuan fungsi dan peran dari seluruh komponen atau suku cadang ada yang terganggu atau mengalami kerusakan. 

Begitu pun pada tubuh manusia yang terdiri atas organ-organ yang memiliki fungsi dan peran masing-masing yang saling menunjang satu sama lain guna menopang seluruh aktivitas fisik atau mental manusia. Setiap manusia terutama orang dewasa yang sudah memahami betapa pentingnya kesehatan ini, pasti sudah memiliki cara masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Baik metode tradisional atau cara-cara medis mutakhir yang ditempuh merupakan wujud kepedulian terhadap kesehatan. Namun, semua sepakat bahwa mencegah datangnya penyakit adalah hal yang lebih baik dibanding dengan mengobatinya. Dengan kata lain, sebenarnya penyakit yang menyebabkan manusia sakit itu disebabkan oleh pola pikir dan pola sikap manusia itu sendiri yang kurang peduli dan kurang menjaga ritme aktivitas agar tetap seimbang. 

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan merupakan hal yang teramat penting dibanding dengan mengobati ketika sakit. Ada orang yang berpendapat bahwa yang menyebabkan sakitnya seseorang adalah faktor makanan yang dikonsumsi orang tersebut. Menurut ahli gizi hal ini dibenarkan, tetapi ini merupakan salah satu faktor. Faktor lain yang perlu diperhatikan pula adalah faktor istirahat dan olahraga. 

Penting sekali manusia untuk bisa beristirahat setelah segala aktivitasnya, organ-organ tubuh dan manusia perlu sejenak mengalami relaksasi. Begitu pula dengan berolahraga, olahraga bisa membuat tubuh manusia terasa bugar dan tentunya bisa menghancurkan lemak-lemak jahat melalui keringat. 

Berolahraga tidak perlu mahal, melakukan treadmeal di rumah, lari-lari kecil di sekitar rumah, pemanasan-pemanasan kecil di pagi hari, bermain bulutangkis dll. Olahraga apa pun pasti sangat bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan