Kenali Jenis Deposito untuk Investasi Bisnis dan Gunakan Kalkulator Deposito

November 24, 2020
kalkulator deposito

Deposito bisa menjadi pilihan untuk investasi terbaik bagi para pemula, dengan membuka deposito Anda bisa mengalokasikan dana dengan risiko yang terbilang kecil. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun risikonya kecil Anda tetap mendapatkan keuntungan yang besar jika membuka deposito di sebuah bank. Di dalam deposito, ada istilah bernama kalkulator deposito yang digunakan untuk menghitung bunga setiap bulan yang Anda peroleh dari uang yang didepositkan.

Selain itu, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa deposito tidak sama dengan tabungan. Jika tabungan bisa diambil sewaktu-waktu, deposito hanya dapat ditarik dalam waktu tertentu saja. Deposito juga dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu deposit on call,deposito berjangka, serta sertifikat deposito.

Deposit On Call

Deposit on call adalah jenis deposito dengan jangka waktu maksimal tidak sampai satu bulan dan minimal 7 hari. Bunga akan dicairkan ketika deposito cair, dan nasabah harus memberikan konfirmasi kepada pihak bank sekurang-kurangnya 3 hari sebelum proses pencairan. Bunga yang diberikan sesuai dengan kesepakatan awal antara pihak nasabah dengan pihak bank.

kalkulator deposito

Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito memiliki jangka waktu antara 1 bulan sampai dengan 24 bulan. Bunga yang diperoleh sesuai dengan selisih antara jumlah uang yang disetor dengan nominal deposito. Jika menggunakan jenis deposito ini, bukti penyimpanan yang Anda miliki dapat dipindahtangankan dengan ketentuan yang sesuai dengan kebijakan bank.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka memiliki jangka waktu hampir sama dengan sertifikat deposito, yaitu antara 3 bulan sampai dengan 36 bulan, atau sesuai dengan ketentuan bank. Di dalam bilyet deposito nama yang tertera adalah nama Anda secara perorangan atau nama lembaga tertentu sebagai pemilik deposito.

Anda dapat melakukan penarikan bunga dari deposito setiap bulan dengan jumlah pajak sesuai jumlah bunga yang Anda terima. Penarikan tersebut bisa Anda lakukan secara tunai maupun non tunai.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Deposito?

Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum membuka deposito, dengan begitu uang Anda akan terjamin aman dan Anda juga bisa memperoleh keuntungan.

Menentukan Jangka Waktu

Anda harus memikirkan terlebih dahulu ingin membuka deposito dalam jangka pendek atau panjang. Tentu saja hal tersebut harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan yang Anda miliki. Meski deposito akan semakin menguntungkan dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan tujuan Anda mendepositkan uang.

Memahami Cara Pencairan

Dengan menentukan jangka waktu secara tepat, Anda tidak akan merasa terbebani saat deposito belum bisa dicairkan. Sebagaimana yang telah dibahas di atas, bahwa deposito hanya dapat diambil dalam jangka waktu yang telah ditentukan, sangat berbeda dengan tabungan yang bisa Anda tarik kapan saja.

Di dalam deposito, jika Anda ingin mengambil uang yang telah didepositkan padahal belum jatuh tempo, maka Anda diwajibkan untuk membayar sejumlah denda. 

Mengetahui Bunga yang Ditawarkan

Semakin lama periode yang ditetapkan, maka bunga deposito yang diperoleh akan semakin besar. Kendati demikian, setiap bank tentu akan memberikan bunga yang berbeda satu sama lain. Cari bank yang menawarkan suku bunga sesuai dengan keinginan dan dapat memberikan keuntungan lebih bagi Anda.

Sebagaimana suku bunga deposito kompetitif mencapai 5,75% per tahun yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas. Terbukti selalu memberikan pelayanan terbaik, kini Anda juga dimudahkan dengan layanan deposito online yang dapat Anda lakukan melalui SimobiPlus maupun Internet Banking. Anda bisa membuka rekening di mana dan kapan saja dengan nominal penempatan mulai dari Rp 500 ribu saja.

Segera bergabung dengan Bank Sinarmas dan buka deposito online untuk investasi Anda. Setelah itu, Anda bisa menentukan sendiri jangka waktu penempatan dan menghitung bunga deposito dengan kalkulator deposito.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan