Perkembangan Usia Janin Memasuki Trimester Kedua

January 19, 2020
usia janin
Memiliki janin yang sehat tentunya merupakan kabar gembira bagi bunda. Pasalnya memang setiap orang akan sangat bahagia ketika menerima kabar dari dokter  bahwa janinnya sedang baik-baik saja dan tubuh sehat. Janin memang mengalami perkembangan yang sangat cepat mulai dari tahap awal hingga akhir pada trimester ketiga dimana ia sudah siap untuk melihat dunia. 

Nah memasuki usia janin trimester kedua, pada umumnya resiko keguguran janin akan mengecil, sebab pada usia ini kandungan sudah semakin kuat. Untuk Anda yang menginginkan informasi lebih lengkap tentunya ada di bidansela.com. disana banyak informasi akurat tentang ibu dan bayi.

Pada trimester kedua, janin tentunya sudah semakin terlihat jelas dan di perut pun mulai terasa. Berat janin pada trimester kedua ini bisa mencapai 42 gram yakni dengan panjang sekitar 9 cm. Kemudian pada masa ini tulang dan juga tengkoraknya pun akan semakin mengeras serta janin pun mulai memiliki kemampuan untuk mendengar. 
usia janin
Nah berikut adalah tahap-tahap perkembangan janin pada trimester kedua:

Minggu keempat belas hingga kelima belas

Pada minggu keempat hingga kelima belas, janin mulai mengalami perkembangan pada indera perasanya dimana janin pun mulai dapat mendeteksi cahaya. Kemudian bayi akan mengalami lonjakan pertumbuhan ketika memasuki minggu keenam belas serta alat kelaminnya pun sudah berkembang dengan baik. Pada masa ini bunda dapat memeriksanya melalui USG.

Minggu kesembilan belas

Pada minggu ini, janin sudah bisa mendengarkan suara bunda. Iya ketika memasuki minggu kedua puluh, si jabang bayi yang ada di dalam perut akan mulai menelan dan memproduksi kotoran janin yang disebut dengan mekonium. Selanjutnya ketika memasuki usia 22 minggu, janin akan terlihat seperti manusia kecil yang bisa bergerak-gerak dan berat badannya pun akan bertambah karena sudah memiliki lemak. 

Minggu ke dua puluh enam hingga dua puluh tujuh

Pada usia 26 minggu, bayi akan mulai menghirup udara dan mengeluarkan air ketuban atau cairan plasenta  yang membuatnya untuk berlatih bernafas. Kemudian pada usia janin 27 minggu, janin akan dapat membuka dan menutup matanya, cegukan, dan bahkan telah dapat menghisap jari-jarinya. Nah pada usia ini tentu bunda akan sering merasakan gerakan-gerakkan janin pada perut bunda. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan