Kembangkan Multiple Intelligence Anak Dengan Robotika

September 10, 2019
Gambar terkait

Robotika adalah ilmu teknologi masa kini tentang robot, mesin, dan cara merakitnya. Robotika bisa dipelajari oleh anak-anak sejak berusia lima tahun. Ilmu ini bukan hanya mengajak anak berimajinasi dengan merakit bentuk robot saja, tapi melibatkan berbagai cabang ilmu. 

Di dalam kehidupan sehari-hari, robot sudah digunakan secara luas. Baik dalam industri, kesehatan, penelitan sains, pendidikan, hiburan, dll. Teknologi masa kini bahkan  memungkinkan pengembangan robot humanoid yang lebih canggih, di luar ekspektasi kita selama ini. Karena itu, pasti sangat menarik bagi anak mempelajari robot dan dunia teknologi yang berkaitan dengannya. Misalnya pengkodean. 

Selain itu, ilmu robotika juga bermanfaat dalam melejitkan kecerdasan anak. Beberapa manfaat belajar robotika bagi anak di antaranya:

Melatih kecerdasan sains dan logis matematis. Sebagai salah satu produk teknologi, robotika mendorong anak untuk berpikir secara matematis. Misalnya statistik, perbandingan, dan probabilitas saat merakit robot. Selain itu pengetahuan tentang sistem dan fungsi motor dan sensorik, kecepatan, gaya, juga merupakan  bagian dari sains. 

Robotika juga melatih kemampuan motorik halus anak. Saat membuat badan robot, anak diminta merakit brick menggunakan peralatan tertentu. Hal ini menuntut kejelian dan kemampuan motorik halus yang baik. Merekatkan dan menyatukan tiap komponen mengharuskan anak mengkoordinasikan gerakan jemarinya sebaik mungkin. 

Melatih kemampuan berpikir sistematis, terstruktur, dan teratur. Tiap tahapan robotika mendorong anak berpikir sistematis dalam menyelesaikan pekerjaannya. Juga mendorong anak untuk berpikir tenang dalam memecahkan masalah. 

Belajar sabar dan percaya diri, serta merangsang imajinasi anak. Merakit tubuh robot memerlukan imajinasi dalam membuat bentuk dan rupa tertentu. Anak juga di latihan sabar dalam  menyelesaikan tiap langkah perakitan. 

Robotika saling mendukung dengan beberapa cabang ilmu di sekolah seperti matematika, fisika, dan komputer. Selain juga mengenalkan teknologi masa kini kepada anak melalui cara yang menyenangkan. Belajar robotika juga merangsang imajinasi anak untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna, berinovasi dan memecahkan masalah. Suatu hal yang penting baginya dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan