Proses Perkembangan Janin Tiap Minggunya

Proses Perkembangan Janin Tiap Minggunya
Perkembangan janin dalam kandungan memang membuat penasaran semua orang, terutama kedua orang tuanya. Bayi yang di kandungnya tersebut menjadi perhatian semua orang, ingin mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin, jenis kelamin, sampai usia kandungannya. Proses perkembangan janin tiap minggunya memiliki perubahan yang signifikan untuk di simak, apalagi bagi calon ibu muda yang tidak mau terlewatkan setiap pertumbuhan dalam janinnya. 

Berikut ini proses perkembangan janin di setiap minggunya bisa Anda ketahui melalui penjelasan berikut ini: Minggu ke 1 pada periode ini masih belum terjadi apa-apa, masih proses menstruasi dan pembuahan pun belum terjadi. Karena perkiraan kelahiran anak dihitung setelah HPHT Minggu ke 2 proses pembuahan terjadi pada minggu ini, sel telur sudah dibuahi, sel telur bergerak menuju rahim, setelah membelah menjadi 32 disebut dengan Morula. 

Minggu ke 3 sel telur membelah menjadi ratusan dan akan menempel pada dinding rahim. Minggu ke 4 Janin sudah membentuk embrio Minggu ke 5 panjang janin sekitar 1,27 mm, otot, sitem saraf, tulang, sudah mulai berbentuk. Minggu ke 6 ukuran embrio rata-rata 2-4 mm, sistem pencernaan dan pernafasan mulai dbentuk. Minggu ke 7 panjang janin sekitar 5-13 mm, pucuk lengan mulai membelah, saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru. 

Minggu ke 8 panjang janin sekitar 14-20 mm, lengan semakin membesar, usus membentuk tali pusar, ujung hidung, kelopak mata mulai berkembang. Minggu ke 16 kulit sudah mulai berkembang meskipun tipis, telinga sudah mulai terbentuk. Minggu ke 20 otot janin semakin kuat setiap minggunya, kulit mulai mnutupi janin dan dapt dibedakan menjadi 2 lapisan, yaitu lapisan Epidermis dan Dermis. 

Minggu ke 24 pendengaran janin sudah berbentuk sempurna, janin sudah mulai merespons suara-suara dari lur. Minggu ke 28 gerakan janin sudah mulai kuat, denyut jantung pun sudah mulai terdengar. Minggu ke 32 posisi kepala sudah berada di bawah, gerakan janin semakin hari semakin meningkat. Minggu ke 36 berat badan janin sudah mulai berat sekitar 2,5 kg, dengan panjang 46 cm, sudah belajar mengisap dan menelan ludahnya. 

Minggu ke 40 berat kandungan dalam janin sudah mulai betambah, sekitar 3,3 kg, panjang sekitar 50 cm dan bayi sudah siap untuk dilahirkan. Itulah proses perkembangan janin tiap minggunya dan proses tersebut harus Anda kethui untuk memastikan kesehatan sang janin dalam rahim.

Comments

Popular Posts