Mengenali Beberapa Tanda Menstruasi Tidak Normal

October 08, 2016
Menstruasi atau haid adalah hal yang lumrah terjadi pada wanita dan tentu saja normal. Setiap wanita yang sudah menginjak dewasa akan mengalami fenomena ini. Namun, para wanita juga harus mengetahui seperti apa menstruasi yang normal serta gejala-gejala menstruasi tidak normal sehingga bisa segera melakukan tindakan untuk proses yang lebih lanjut dan segera mengecek kesehatannya.
Mengenali Beberapa Tanda Menstruasi Tidak Normal
Menstruasi yang tidak normal bisa dikenali sehingga para wanita bisa memahaminya demi kepentingan kesehatannya. 

Mungkin selama berlangsungnya haid akan terjadi beberapa hal pada wanita seperti misalnya rasa nyeri dan sebagainya yang merupakan hal wajar terjadi pada wanita haid. Namun harus pula dikenali gejala haid yang bisa mengindikasikan menstruasi tidak normal dan bisa segera ditangani. Jika tidak segera ditangani lama kelamaan akan menimbulkan masalah pada kesuburan wanita. 

Berikut ini tanda mens yang tidak normal pada wanita: 

1. Siklus menstruasi yang tidak normal melebihi 31 sampai 35 hari. Normalnya siklus menstruasi pada wanita sekitar 21 sampai dengan 35 hari 

2. Lama waktu haid yang bisa melebihi 7 hari. Pada haid yang normal, menstruasi akan berlangsung sekitar 7 hari 

3. Darah haid yang keluar berlebihan hingga pada 2 jam sekali mengharuskan untuk mengganti pembalut yang sangat penuh 

4. Darah haid yang keluar menggumpal adalah hal yang wajar, akan tetapi jika gumpalan yang terlalu banyak bisa dicurigai akan adanya gejala heavy period. 

5. Tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan mungkin bisa jadi karena hamil. Namun jika di cek ternyata negative maka akan ada kemungkinan jika anda mengalami suatu gangguan menstruasi seperti amenorrhea. 

Jika anda merasa ada beberapa tanda ataupun gejala seperti di atas sebaiknya jangan diabaikan dan segera konsultasi ke dokter untuk bisa mengetahui ada gangguan apa dan bisa segera ditangani. Jangan pernah menganggap remeh hal tersebut karena ini akan menyangkut kesuburan anda. Kenali sejak dini beberapa tanda-tanda menstruasi tidak normal dan segera konsultasikan kepada dokter untuk penanganan tepat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan