Apa Itu Senam Kegel untuk Ibu Hamil?

October 03, 2023

 


Pada awalnya, senam kegel digunakan untuk senam setelah persalinan. Namun karena manfaatnya yang beragam, semakin banyak orang yang melakukannya. Termasuk, wanita yang sedang hamil dan mempersiapkan persalinan. Penasaran dengan senam ini lebih lanjut? Simak artikel ini!

Apa Itu Senam Kegel

Senam ini merupakan sebuah olahraga atau latihan yang bisa memperkuat otot dasar panggul yang meregang selama mengalami kehamilan atau persalinan. Melakukan kegel secara rutin bisa membantu meminimalisir peregangan dan memperkuat otot panggul.

Beberapa wanita merasa khawatir apakah kegel aman untuk wanita hamil atau tidak. Ternyata, kegel aman untuk wanita hamil maupun pasca persalinan. Akan tetapi gerakannya harus tepat dan fokus.

Manfaat Senam untuk Wanita Hamil

Ada banyak sekali manfaat melakukan senam untuk wanita hamil. Tidak heran jika kegel cukup disarankan dilakukan secara rutin menjelang persalinan. Manfaat utamanya tentu saja dapat memperkuat otot panggul. 

Selain itu, ada banyak manfaat lain seperti mempermudah proses persalinan, mengontrol kandung kemih, mencegah kemungkinan tindakan episiotomi, dan lain sebagainya. Senam kegel ini juga bermanfaat untuk pria atau wanita yang tidak dalam masa kehamilan. Manfaatnya yaitu mencegah inkontinensia urine dan wasir. 

Cara Melakukan Senam

Sebenarnya, kegel merupakan jenis senam yang mudah dilakukan. Bahkan oleh ibu hamil sekalipun. Berikut ini merupakan cara melakukan senam:

  • Berbaringlah di lantai atau matras dengan posisi telentang.

  • Tarik otot panggul ke atas dan tahan selama kurang lebih 3 detik.

  • Rilekskan tubuh selama kurang lebih 3 detik.

  • Lakukan hal tersebut sebanyak 10 sampai 15 kali dalam sekali senam.

  • Sementara senam bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali. 

Usahakan melakukan senam di tempat yang tenang agar lebih berkonsentrasi. Selain itu, perhatikan saat menekan otot. Jangan memberikan tekanan pada otot lain secara bersamaan. Usahakan jangan berlebihan melakukan senam, cukup lakukan sesuai anjuran.

Nah, itulah pembahasan mengenai senam kegel yang biasanya dilakukan oleh wanita hamil. Apakah Anda juga ingin melakukannya? Melakukan senam menjadi salah satu bentuk persiapan persalinan. 

Selain senam, Anda juga perlu mempersiapkan popok bayi dan perlengkapannya. MAKUKU SAP Diapers adalah popok pilihan untuk semua bayi. Struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) membuat popok anti bocor, anti ruam, dan anti gumpal.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan